Tanya Dokter

  • Penanganan nyeri kaki pasca stroke

  • met pagi dokter , nyeri di pergelangan kaki serta lunglai bila berjalan spt tdk berotot ,pasca stroke apa bisa disembuhkan?

    Hallo Daniel

    Stroke adalah kondisi dimana jaringan otak mengalami kerusakan, bisa akibat adanya pecahnya pembuluh darah otak (stroke hemoragik) ataupun karena pasokan darah menuju otak yang terganggu sehingga akhirnya secara perlahan jaringan otak mengalami kerusakan (stroke iskemik).

    Saraf dan otak merupakan jaringan yang apabila mengalami kerusakan akan sulit untuk pulih kembali seperti semula, otak berperan sebagai pusat pengendali termasuk untuk menggerakan anggota tubuh. Sehingga tidak jarang seseorang yang mengalami stroke akan mengalami kelemahan dalam menggerakan anggota tubuhnya, berbicara menjadi pelo, sulit menelan, atau bahkan lumpuh.

    Adapun tindakan rehabilitasi medis dan fisioterapi serta obat-obatan, hingga tindakan intervensi seperti bedah saraf/otak diusahakan untuk membantu pemulihan jaringan otak yang mengalami kerusakana, namun demikian kemungkinan seseorang bisa sembuh dari kondisi tersebut berbeda-beda tergantung sudah sejauh mana kerusakan jaringan otak terjadi serta sudah tertangani atau belumnya faktor yang menjadi penyebab strokenya, karena bukan tidak mungkin serangan stroke berulang bisa saja terjadi kembali.

    Konsultasikan kondisi pasien tersebut kepada dokter ahli saraf supaya bisa dilakukan pengkajian lebih lanjut. Dengan begitu dokter saraf bisa mendapatkan gambarat atas keadaan yang dialami oleh pasien tersebut sehingga bisa merencanakan pengobatan dan juga prosedur medis yang terbaik untuk kondisi pasien tersebut.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold