Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri perut kanan atas hingga sesak napas saat haid

  •  Santi WH
    Anggota

    Selamat siang dok, saya mau tanya. Setiap haid perut kanan atas(tepatnya di bawah tulang rusuk sebelah kanan) saya terasa nyeri terkadang saking nyerinya sampai sesak nafas. Sebelumnya saya tdk pernah merasakan seperti itu, rasa nyeri perut kanan atas saya rasa dr bulan nov thn lalu, waktu itu haid saya kecelakaan dan dirawat di rs saat itu mulailah terasa nyeri itu sampai pingsan dan pendaraan -+ 2bln. Setelah selesai pendaharan, saya setiap haid merasa nyeri diperut kanan atas. Itu wajar atau tdk?

    Halo Santi.

    Terimakasih atas pertanyaannya.

    Pada perut kanan atas kita terdapat organ hati, kandung empedu, sebagian usus, sebagian lambung, sebagian pankreas, dan ginjal kanan. Saat kecelakaan, benturan bisa mengenai organ-organ ini. Jika terjadi nyeri hebat hingga ada perdarahan dalam, maka kemungkinannya anda mengalami cedera pada organ hati. Di dalam hati ada kandung empedu. Pada cedera organ hati maka gejalanya adalah nyeri hebat pada dada atas sebelah kanan. Pada keadaan lebih kurang 2 jam setelah kejadian cedera, gejalanya akan meningkat menjadi nyeri tekan dan perut yang menegang dan keras. Seringkali pada keadaan ini pasien kehilangan keadaran akibat perdarahan dalam jumlah banyak dan harus dilakukan tindakan segera.

    Namun, jika maksud pertanyaan anda adalah apakah ada hubungan antara nyeri perut kanan atas dan perdarahan yang anda alami. Tentunya tidak ada hubungan.

    Penyebab nyeri perut kanan atas paling sering disebabkan oleh gangguan pada kandung empedu atau batu empedu. Batu empedu pada dasarnya tidak bergejala. Nyeri perut kanan atas terjadi ketika batu empedu tersebut menyumbat jalannya cairan empedu. Nyeri ini muncul segera setelah makan makanan berlemak. Jadi, perlu memastikan waktu terjadinya nyeri perut kanan atas yang anda alami. Adapun sebab lain dari nyeri perut kanan atas:

    • peradangan kandung empedu atau kolesistitis
    • radang pankreas atau pankreatitis
    • peradangan hati atau hepatitis
    • tukak lambung
    • gastritis atau radang lambung
    • kanker pankreas
    • kanker lambung

    Saat haid wanita kemungkinan akan mengalami nyeri perut bagian bawah dimana rahim berada. Namun keluhan anda adalah nyeri perut kanan atas saat haid. Saran saya, sebaiknya anda mengkonsultasikan hal ini ke Dokter Spesialis Kandungan. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fsik, dan jika diperlukan akan melakukan ultrasonografi.

    Nyeri perut yang anda alami sebaiknya segera diperiksakan ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam agari diketahui penyebabnya dan dapat diterapi dengan segera. Jika dibiarkan dapat berakibat fatal. Adapun saran yang dapat dilakukan adalah dengan mengurngani makanan berminyak.

    Salam,

    dr. Kresnawati Wahyu Setiono