Tanya Dokter

  • Nyeri perut bagian bawah dan keluar batu saat berkemih

  •  Bibejo
    Anggota

    Siang dok,.saya mau tanya? Setelah bangun tidur pagi tadi perut saya terasa nyeri tp rasanya timbul tenggelam kadang sakit kadang enggak terus menerus kaya itu dok, dulu saya udah pernah pipis keluar batu, apa mungkin ini kumat lagi ya dok?..

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Nyeri perut bagian bawah, atau pada posisi diatas kemaluan bisa terjadi karena berbagai hal, diantaranya adalah:

     

    Betul bahwa bila Anda memiliki riwayat keluar batu dari saluran kemih, bisa jadi ini adalah kondisi yang sama. Maka dari itu saran kami, periksakan kondisi Anda ke dokter umum, untuk nantinya dilakukan pemeriksaan urin demi mengetahui kondisi yang Anda alami. Bila memang ada kelainan pada saluran kemih Anda, baik itu batu atau infeksi, akan terlihat dari hasil pemeriksaan urin tersebut. Penanganan yang akan Anda terima nanti tergantung hasil ini.

    Sementara itu, perbanyak konsumsi air putih, hindari menahan kencing, dan konsumsi obat antinyeri yang dijual bebas dengan membaca aturan pakai yang tertera. Jaga kebersihan alat kelamin Anda, dan hindari makanan seperti jeroan, otak, belinjo, paru, babat, emping dan bayam. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa