Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri hilang timbul pada tulang vagina bagian kiri

  •  Haura Lebay
    Anggota

    Assalamu alaikum dok saya seorang ibu rumh tangga yg sring merasakan nyeri di bagian tulang vagina bagian kiri.dan nyerinya hilang timbul tampa minum obat.cuma gak nyeri klu di tekan.ini sebenarx penyakit apa

    Waalaikumsalam, Haura, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Nyeri pada kemaluan wanita / vagina atau pada daerah pelvis (berisi organ-organ pembentuk panggul, dari tulang, otot, hingga organ-organ dalam) bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab:

    1.     Ada benturan/cedera/gesekan pada daerah yang nyeri. Vagina yang kering saat berhubungan seksual dapat membuat lecet karena gesekan yang berlebih.

    2.     Radang panggul (pelvic inflammatory disease).

    3.     Terjadi infeksi pada vagina

    4.     Saat ovulasi/pelepasan sel telur

    Untuk memastikan penyebabnya, perlu konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter perlu tau pasti dimana rasa nyeri tersebut dirasakan, ciri-ciri nyerinya, dan adanya gejala lain, seperti demam, ada benjolan di alat kelamin, nyeri perut bawah, gangguan buang air kecil (tidak lancar, nyeri, berdarah, menetes, tidak puas setelah BAK), adanya perdarahan / nyeri saat berhubungan seksual, tanda-tanda kehamilan, hingga adanya keputihan. Dokter akan memeriksa tubuh pasien secara keseluruhan, namun akan lebih memfokuskan pada bagian yang dikeluhkan dan yang berhubungan dengan bagian tersebut. Pemeriksaan penunjang dapat dilakukan jika perlu, misalnya USG, tes kehamilan, tes darah lengkap.

    Jika Anda mengalami gejala-gejala penyerta seperti yang sudah saya tunjukkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Untuk mengurangi nyeri, Anda bisa mencoba berendam di air hangat dan merilekskan diri. Selain itu, sebaiknya pastikan kecukupan pelumas saat berhubungan seks, dengan perbanyak minum, konsumsi kedelai, dan sbg. Jika masih nyeri, sebaiknya jangan dulu berhubungan hingga nyeri mereda.

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.