Tanya Dokter

  • Mengatasi efek samping setelah konsumsi risperidone

  • Dok saya mau tanya Istri saya terkena penyakit skizo dan penanganannya cukup cepat langsung di bawa ke rumah sakit... Yang saya tanyakan Efek samping obat nya itu Istri saya Sering gemetar, kaku kaya robot, sama wajahnya tanpa ekspresi , sama matanya itu kaya yang kosong Resep obatnya Risperidone 2x1hari Thrypenedyl 2x1hari Sama lorazepam1x1hari setiap malam Apakah salah resep atau gimana mohon pencerahannya dok

    Halo Seca, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Risperidone adalah obat dari golongan antipsikotik yang dapat diberikan untuk mengatasi kondisi seperti skizofrenia ataupun bipolar mania. Pemberian obat antipsikotik sering menimbulkan beberapa efek samping seperti:

    1. gejala ekstrapiramidal (distonia atau kontraksi otot yang tidak disadari, parkinsonisme seperti tremor, kaku, dan penurunan pergerakan, akatisia atau rasa tidak bisa tenang dan bergerak-gerak terus)
    2. pusing dan sakit kepala
    3. rasa kelelahan dan ngantuk
    4. mual, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya
    5. gangguan tidur
    6. dll

    Trihexyphenilyl (mungkin ini yang anda maksudkan dengan Typenedyl) merupakan obat antikolinergik yang dapat diberikan bersama-sama dengan obat-obat antipsikotik untuk membantu mengatasi efek samping gejala ekstrapiramidal dari obat antipsikotik. Beberapa efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan obat ini antara lain :

    1. pusing
    2. mengantuk
    3. mual, muntah, konstipasi
    4. gangguan penglihatan
    5. gelisah
    6. mulut kering

    Lorazepam merupakan obat dari golongan benzodiazepine yang diberikan untuk mengatasi kecemasan. Beberapa efek samping yang dapat muncul dari obat ini antara lain:

    1. pusing dan sakit kepala
    2. mengantuk
    3. gangguan koordinasi gerak
    4. gangguan penglihatan
    5. mual dan konstipasi

     

    Gejala-gejala yang dialami oleh isteri anda tersebut kemungkinan merupakan efek samping dari obat-obatan yang diberikan, terutama obat antipsikotiknya. Efek samping tersebut adalah efek samping yang sangat umum terjadi. Ada baiknya anda merencakan untuk kontrol kembali isteri anda ke psikiater yang merawatnya sesegera mungkin untuk dilakukannya penyesuaian dosis obat ataupun penggantian jenis obat agar efek samping tersebut dapat teratasi. Jangan menghentikan, menaikkan ataupun menurunkan dosis obat sendiri tanpa konsultasi dengan psikiater yang merawat isteri anda terlebih dahulu.

    Skizofrenia merupakan suatu penyakit yang kronis yang membutuhkan pengobatan jangka panjang. Oleh karena itu pengobatan harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan untuk mencegah kekambuhan penyakit ini.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia