Tanya Dokter

  • Pengobatan penyakit tuberkulosis

  •  Dika Ranjid
    Anggota

    Dok.. Saya mau bertanya lagi.. Saya ini Pengobatan tb fase awal tpi kok Cuma diberi 2 kombinasi obat ya? Dlu sempet 4 kombinasi kemudian stlah 2 Minggu pemakaian Saya alergi berat. Sehingga dihentikan.. Dan skrg hanya menggunakan 2 kombinasi obat tbc Di fase awal.. Bgaimana Ya Dok? Apa tidak apa2?

    Halo Dika, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pengobatan untuk tuberkulosis memiliki banyak tantangan tersendiri. Selain kepatuhan minum obat yang kurang baik karena durasi pengobatan yang panjang, pengobatan TB juga seringkali menimbulkan efek-efek samping tertentu yang dapat mengganggu pengobatan.

    Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah alergi terhadap obat. Alergi obat paling sering terjadi karena obat Isoniazid dan Rifampicin. Dalam kasus alergi terhadap obat tuberkulosis, terutama bila alergi yang terjadi berat, obat-obatan harus dihentikan semua untuk sementara waktu sebelum dicoba diberikan kembali satu demi satu untuk mencari obat mana yang menyebabkan alergi. Bila diperlukan dapat diberikan terapi tambahan berupa terapi desensitisasi obat, yaitu pemberian obat-obatan TB yang menyebabkan alergi dalam dosis yang ditingkatkan perlahan. Dalam melakukan ini diperlukan supervisi dari dokter spesialis.

    Dokter anda tentunya memiliki pertimbangan sendiri mengapa anda hanya diberikan 2 kombinasi obat di fase intensif ini. Sebaiknya anda menanyakan secara langsung kepada dokter yang merawat anda atau anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis paru atau Dokter Penyakit Dalam untuk tatalaksana lebih lanjut.


    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia