Tanya Dokter

  • Konsumsi obat TBC dan obat terapi kanker prostat secara bersamaan

  •  Teukuamli
    Anggota

    Saya lagi menderita kanker prostat dan TBC... Untuk kanker prostat saya sedang perawatan terapi hormon dam juga mengkosumsi obat makan "Casodex" yg biasanya saya minum di pagi jari. Dan juga saya makan obat TBC yg biasanya minum saat perut kosong di pagi hari dan sesudah makan siang. Pertanyaan saya seandai saya minum kedua obat tsb di waktu yg sama karena ini menjelang bulan puasa di waktu sebelum dan sesudah makan saur?.. Terima kasih atas jawabannya.

    Hallo Amli

    Casodex merupakan suatu merk obat, dimana zat aktif didalamnya adalah bicalutamide, obat ini pada umumnya tidak memiliki interaksi apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan TBC. Jadi Anda bisa saja mengkonsumsi bicalutamide bersamaan dengan obat-obatan TBC.

    Namun begitu yang perlu diperhatikan adalah apakah dengan mengubah jadwal makan obat akan mempengaruhi manfaaat dari obat tersebut, Untuk bicualutamide sendiri mungkin tidak akan menjadi masalah besar mengingat memang jadwal sebelumnya adalah dikonsumsi setiap pagi hari, namun untuk obat-obatan TBC disini terbagi 2 dosis, dimana sebelumnya dikonsumsi pagi dan siang hari. 

    Ketika obat masuk kedalam tubuh, obat akan mengalami proses pencernaan sehingga akhirnya akan diserap dan masuk kedalam darah, setelah itu obat akan mengalami proses metabolisme yang nantinya akan mengeluarkan obat tersebut dari tubuh. Beberapa  obat memiliki waktu yang cukup lama untuk tetap aktif didalam tubuh, namun beberapa obat lainnya justru cepat sekali dikeluarkan dari tubuh. Itulah mengapa obat-obatan sebaiknya dikonsumsi sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh dokter, supaya tubuh tidak sempat mengalami fase zat obat telah habis dikeluarkan namun Anda tidak kunjung mengkonsumsi obat berikutnya, karena manfaat dari pengobatan mungkin saja berkurang.

    Itulah mengapa Amli sebaiknya kembali berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan  lebih lanjut, dimana informasi yang didapatkan dari pemeriksaan tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan aturan minum obat yang tepat selama menjalani ibadah puasa.

    Diskusi terkait untuk juga disimak oleh Amli adalah mengenai Pindah jam minum obat tbc karena puasa

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold