Tanya Dokter

  • Konsumsi obat tifus saat sedang hamil

  •  Kartika Mia
    Anggota

    Selamat siang. Saya mulai demam dr tgl 7juli18 sudah ke dokter dan cek darah ternyata aaya terkena tifus . Utk hasil Cek Darah Normal sedangkan Widal O:1/320 dan H:1/320. Saya minum obat Thiamex, Caviplex, Paracetamol, Wicold dan Ciprofloxacin. Hari ini tgl 14juli saya coba test ternyata saya positif hamil, obat2 tersebut apabila tetap saya konsumsi apakah aman utk janin ? Terimakasih .

    Kartika Mia  dr. M. Rizki
    Dokter

    Halo Kartika.

    Terima kasih telah bertanya pada Komunitas Alodokter.

    Tifus atau demam tifoid adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii dan ditularkan melalii makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. 

    Penyajit ini ditandai dengan demam tinggi terutama pada malam hari dan masalah pada perut, seperti nyeri perut, diare ataupun konstipasi. Penegakan diagnosis pada Tifus umunya memerlukan pemeriksaan penunjang, seperti darah rutin, uji serologis Widal, uji imunologis Tubex, maupun pemeriksaan lainnya.

    Berdasarkan data Anda, maka klinis dan hasil pemeriksaan widal Anda mengarah ke arah tifus. Pengobatan yang diberikan meliputi, obat penurun panas, antibiotik dan obat untuk saluran cerna. Keamanan obat-obat ini terhadap kehamilan perlu dikonsultasikan langsung ke dokter. Dokter akan mempertimbangkan pemilihan obat-obat tifus yang aman untuk kehamilan. Selain itu dokter juga akan mengevaluasi perkembangan penyakit tifus yang Anda derita.

    Beberapa saran yang dapat dilakukan, antara lain:

    • Istirahat yang cukup.
    • Makan yang teratur, disarankan lebih baik makan sedikit-sedikit namun sesering mungkin.
    • Perbanyak minum air putih.
    • Rutin kontrol kehamilan ke bidan atau dokter umum maupun Dokter Ahli Kandungan.

     

    Jika keluhan yang Anda rasakan semakin mengganggu, ada baiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan, terima kasih dan semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. M. Rizki