Tanya Dokter

  • perut atas vagina kencang dan frekuensi BAK meningkat

  • saya mengalami toksoplasma pada mata , dan saya baru akan menikah dok , apakah sudah dipastikan apabila saya kena tokso plasma bagian mata maka rahim pun akan kena , dan kebetulan saat ini saya juga merasa perut atas vagina saya kencang , dan malam hari pipis bisa sampai +- 10 kali dok . untuk pencegahan bisa beri ssaran obat dok

    Halo olivia, terima kasih telah mengunjungi Alodoter.

    Keluhan yang saat ini Anda rasakan perut atas vagina kencang dan frekuensi BAK meningkat tidak merujuk pada kondisi infeksi toksoplasma. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan peningatan frekuensi BAK, seperti: Infeksi saluran kemih, kehamilan, kencing manis, dll.

    Infeksi toksoplasma atau biasa disebut dengan toxoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini tidak hanya terdapat pada kucing, namun bisa dibawa oleh mayoritas hewan dan burung, misalnya kita terpapar karena konsumsi daging yang kurang matang.

    Toksoplasmosis pada mata atau Toxoplasmosis okuler biasanya menyerang Choroid (lapisan pembuluh darah mata antara retina dan sklera) dan retina, sehingga mata mengalami peradangan pada bagian tersebut (retinochoroiditis) dengan gejala ada benda-benda melayang (floater), gangguan penglihatan, hingga kebutaan. 

    Anda tidak perlu terlalu khawatir jika Anda akan menikah. Normalnya, setelah terinfeksi oleh toksoplasma, seseorang akan memiliki kekebalan terhadap toksoplasma seumur hidup. Jika Anda mengalami toksoplasma ini dalam jangka waktu 9 bulan sebelum Anda hamil, kemungkinan kekebalan tubuh sudah terbentuk, jadi infeksi tidak diteruskan pada kehamilan. 

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan saat melakukan program hamil. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan antibodi toksoplasma dengan tes darah sebagai langkah awal program kehamilan Anda.

    Ada beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya toksoplasma:

    1. Mengonsumsi makanan yang matang, misalnya daging
    2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan benar (Cara mencuci tangan yang benar)
    3. Mencuci buah dan sayur hingga bersih sebelum dikonsumsi
    4. Jika Anda memelihara kucing, sebaiknya sediakan tempat tersendiri untuk menampung kotoran kucing. Berikan kucing dengan makanan kering yang tidak mengandung daging metah

    Untuk pengobatan toksoplasmosis, sebaiknya Anda mengunjungi Dokter. Dokter mungkin akan memberikan obat anti parasit. Untuk toksoplasmosis pada mata, selain pemberian obat, mungkin akan dilakukan tindakan operasi jika dibutuhkan.

     

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    dr. Thoriqotil HM.