Tanya Dokter

  • Obat untuk menyembuhkan bibir yang terluka karena iritasi lipstik

  • Selamat pagi Dok, bibir saya mengalami iritasi karena lipstik, saya sudah mengobatinya dengan jeruk nipis dengan di oleskan.. tapi luka di bibir saya belum juga membaik.. bibir saya kering pecah pecah dok, dan ada benjolan kecil kecil yang bisa meletus kapan saja dan mengeluarkan air, kadang bibir saya terasa gatal dok, tolong jawabannya dok, bagaimana saya harus mengobati bibir saya, terimakasih

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Gejala yang Anda rasakan, berupa luka pada bibir, bibir kering, dan benjolan berisi air, sebenarnya bisa jadi merupakan satu kondisi penyakit yang terjadi berkesinambungan atau beberapa kondisi yang terjadi bersamaan atau berdekatan waktunya. Diantara kemungkinannya adalah:

    • Infeksi virus, seperti infeksi virus herpes simpleks yang umum menyerang mulut
    • Alergi atau iritasi karena bahan kimia tertentu, pada kasus Anda bisa saja karena lipstik atau mungkin makanan tertentu lain
    • Gigitan serangga
    • Infeksi bakteri pada kulit seperti pada kondisi impetigo dan folikulitis

     

    Sehingga memang saran kami, apalagi Anda sudah mencoba menggunakan pengobatan sementara namun tidak berhasil, sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter Anda nanti akan berfokus pada penggalian riwayat penyakit Anda dengan menanyakan beberapa pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat langsung bibir Anda. Penanganan yang Anda terima nanti akan tergantung dari hasil pemeriksaan ini.

    Sementara itu, hindari penggunaan lipstik tersebut, jangan memainkan benjolan yang Anda dengan lidah atau dengan menggigit-gigitnya, dan pastikan Anda mengonsumsi air mineral yang cukup, khususnya ketika sahur bila Anda berpuasa. Anda juga bisa membaca artikel kami dengan mengklik link berikut tentang Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa