Tanya Dokter

  • Nyeri perut bawah dan hasil foto abdomen obstruksi usus kecil

  •  Askiki rahmat
    Anggota

    Dok, sy mau tanya, kakak sy masuk rs dengan keluhan nyeri perut bawah. Hasil foto polos abdomenx mengatakan obstruksi usus kcil. Tp sepengetahuan sy tanda dan gejalax trjadi konstipasi. Tp selama in kk sy tdk pernah mengeluh kan adax konstipasi malah masalh pncernaanx tdk ad gangguan. Bgmn yah dok? In btul obstruksi usus atau pexakit lain?? Dan berbahaya kah penyakit in??

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Keluhan nyeri pada perut bagian bawah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

     

    Sementara obstruksi usus sendiri adalah penyumbatan yang terjadi di dalam usus. Kondisi ini bisa terjadi secara sepenuhnya atau sebagian (parsial). Sebenarnya bila obstruksinya tidak total, keluhan konstipasi atau sulit BABnya bisa tidak muncul karena masih ada makanan yang bisa lewat melalui celah yang ada, dan keluhan yang lebih terasa adalah nyeri yang hilang timbul. Kondisi ini bisa disebabkan berbagai hal seperti hernia, pengerasan tinja, kanker, dan usus terpuntir, dan bila tidak segera ditangani, bisa tejradi komplikasi yang membahayakan nyawa.

    Pada kasus kakak Anda, sebenarnya sulit sekali bagi kami untuk menentukan kondisinya tanpa informasi lain selain keluhan nyeri perut bawah dan hasil bacaan rontgen yang cenderung ke arah obstruksi. Selain itu, ada juga perbedaan antara diagnosis dan hasil bacaan foto. Ahli yang membaca foto rontgen tidak bertemu dengan pasien, tidak bertemu dengan kakak Anda. Yang ia tulis pada bacaan hanyalah apa yang ia temui pada foto perut tersebut, dan bila yang ia temui adanya obstruksi, maka itulah yang ia sampaikan. Tapi tidak harus obstruksi itu sumber masalahnya. Lain halnya bila diagnosis obstruksi usus itu disampaikan oleh dokter penyakit dalam. Di sisi lain juga, dibutuhkan bukti tidak adanya kecenderungan ke arah lain dari pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin dan lain sebagainya.

    Sehingga intinya, yang bisa Anda lakukan adalah berikan hasil tes tersebut pada dokter yang memintanya pertama kali untuk dikombinasikan dengan pemeriksaan sebelumnya dan tanyakan apakah betul obstruksi itu yang menjadi masalah utama kakak Anda ataukah ada hal lain karena selama ini kakak Anda tidak merasakan keluhan di area pencernaan. Bila ternyata memang itu yang disampaikan dokter penyakit dalam dan Anda masih merasa belum yakin, adalah hak kakak Anda untuk memeriksakan dari awal dirinya pada dokter lain dalam rangka mencari pendapat kedua.

    Bila kakak Anda tidak ingin mencari pendapat kedua dan setuju dengan pendapat dokter yang sekarang, dan setelah menjalani pengobatan nanti keluhannya masih menetap, kembali pada dokter tersebut untuk dilakukan evaluasi lanjutan mengenai kondisinya. Semoga kakak Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa