Tanya Dokter

  • Paha salah satu sisi terasa pegal dan bengkak

  •  Noval Baihaqi
    Anggota

    Mlm dok..sy mau brtnya...paha kiri sy sring bngkank n trsa pgal....tp cmn pha kiri...setela 1/2 hri bngkank n sakit dtank rasa gatal" bgian dlm... ni bkan yg prtma tp udah srink bnget...pa krna sy pnya pnykit kolestrol ia...mksh dok..

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Paha salah satu sisi yang terasa pegal dan bengkak bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut myalgia atau nyeri otot. Nyeri otot bisa terjadi karena cedera, aktifitas fisik yang berlebihan, atau ketegangan otot. Namun tentunya hal ini harus dipastikan melalui pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sementara penyakit kolesterol yang Anda maksud mungkin kadar kolesterol yang tinggi dalam tinggi atau yang disebut juga hiperkolesterol. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel yang baru agar tubuh tetap berfungsi secara normal. Namun apabila kadar kolesterol tinggi dalam darah tentunya beresiko menimbulkan sejumlah penyakit seperti penyakit jantung atau stroke.

    Umumnya hiperkolesterol sendiri tidak memiliki gejala. Gejala akan muncul setelah kolesterol menyebabkan plak pada pembuluh darah dan menimbulkan gangguan aliran darah. Dari gejala yang Anda alami, kecil kemungkinan disebabkan oleh hiperkolesterol. Untuk itu jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapat pemeriksaan yang tepat sehingga diagnosis dapat ditegakkan.

    Untuk menambah informasi, Anda bisa membaca mengenai kolesterol di https://www.alodokter.com/kolesterol-tinggi

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.