Tanya Dokter

  • Nyeri perut dibawah pusar saat malam hari dan BAB cair di pagi hari

  •  Army28
    Anggota
    Assalamualaikum dokter RI akhir2 ni perut saya sakit di bagian bawah pusar, rasa sakit timbul saat mau tidur malam hari. Kalao pagi BAB mencret.saya pernah brobat di rs bekasi kata dr poli dalam penyakit nya iritable bowel sindrom, tpi knapa tak kunjung sembuh.... Makasih

    Wa alaikumsalam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan umum pada usus besar. Gejala yang ada meliputi rasa keram, nyeri perut, kembung, diare atau konstipasi atau keduanya, dan bisa juga lendir pada BAB. Penyebab kondisi ini tidak diketahui, namun dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti cemas, depresi, infeksi bakteri dan virus, alergi makanan, makanan asam, dan faktor keturunan. Karena tidak diketahui penyebabnya, maka memang untuk penanganannya tidak ada obat khusus dan kondisi ini berlangsung seumur hidup. Namun perubahan diet dan gaya hidup dapat memperbaiki gejala IBS.

    Tentu saja, itu kalau Anda betul terkena IBS. Ada beberapa kemungkinan lain yang mewakili kondisi Anda, diantaranya:

    • Gastroenteritis
    • Gastritis
    • Pankreatitis
    • Inflammatory bowel disease

     

    Sehingga bila Anda masih belum merasa nyaman, saran kami periksakan kembali kondisi Anda. Bila pada saat itu Anda baru memeriksakan diri ke dokter umum, maka Anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

    Sementara itu, saran kami hindari asap rokok, makanan pedas, berminyak, asam/kecut, dan kubis, kol juga sawi. Hindari pula minuman bersoda dan minuman berkafein. Istirahat yang cukup, hindari stress dan perbanyak makan buah. Semoga Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa