Tanya Dokter

  • Apakah sakit bronkitis saya semakin parah dan berujung pada penumonia?

  • Selamat pagi dok, nama saya amanda umur saya 16 tahun.

    dulu waktu saya duduk dibangku smp kelas 2,saya mengalami batuk parah sampai 3 bulan. sampai saya tidak bisa menerima makanan&aktifitas sehari2 saya sangat terganggu.

    akhirnya saya memutuskan untuk memeriksakan ke rumah sakit. setelah saya di rontgen,ternyata saya mengidap bronchitis. saya menjalani proses tes darah dan sebagainya. lalu saya diberi obat. obat itu dianjurkan untuk dihabiskan,dan minggu depan saya harus kembali lagi ke rs tsb.

    setelah saya minum obat, setelah 5 hari saya mulai merasa baikan. karena orgtua saya sibuk jadi saya memutuskan untuk tidak kembali ke RS lagi karena kondisi saya sudah sangat baik.

    tapi terkadang saya sangat sering merasa sesak. sangat amat sesak. saat saya tarik nafas iu terasa sakit dibagian bawah dada saya. setiap saya memasuki ruangan dingin seperti ruang kelas,mobil&etc pasti saya pilek. saya sangat sering merasa pusing,lelah,letih. bahkan saya tidak bisa melakukan aktivitas seperti olahraga,berlari 1 menit saja rasanya sudah sangat sakit nafas saya.

    sekarang saya duduk di bangku SMA kelas 3.

    saya rasa ini menjadi makin parah. rasa sesak yg tak kunjung hilang. rasa pusing makin sering. makin cepat lelah&letih. mata mulai terganggu (entah ada hub/tidak). masih pilek seperti dulu. saya sudah tak bisa lagi menarik nafas normal melalui hidung saja, kini harus dibanu dengan mulut. saya sangat tersiksa saat sedang di kelas. pasti hidung saya tersumbat dan saya hanya bernafas lewat mulut. sangat amat sesak sekali.

    jadi yg saya ingin tanyakan, apa bronchitis saya makin parah menjadi kronis dan berujung pneumonia? karena jika saya lihat gejalanya semua saya alami.

    maaf dok apabila penjelasannya terlalu panjang. jika sempat tolong dibalas. terima kasih dok. have a nice day&god bless u.

    maaf ada yg kurang. sebelumnya saya sangat sering berolahraga walaupun olahraga yg ringan seperti; lari di sekitar perumahan. jadi ketika saya mengalami sesak,letih&pusing padahal hanya berlari sebentar, saya merasa aneh.

    Hai Amanda, Bronkitis merupakan penyakit pernafasan yang mana terjadinya infeksi pada saluran udara utama dari aru-paru atau bronkus yang menyebabkan peradangan atau inflamasi pada saluran tersebut. Gejala dari bronkitis seperti batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan, sakit pada tenggorokan, sesak nafas, hidung beringus dan tersumbat, sakit kepala atau rasa tidak nyaman pada dada dan kelelahan. Bronkitis dibagi menjadi dua yaitu brinkitis akut yaitu bronkitis yang terjadi dalam beberapa minggu kemudian sembuh bahkan bronkitis akut bisa sembuh tanpa pengobatan, yang diperlukan hanyalah istirahat cukup, konsumsi cairan yang banyak dll. Namun jika bronkitis akut sering terulang maka dapat berlanjut menjadi bronkitis kronis. Dan bronkitis kronis dapat kambuh setiap terjadi adanya kontak dengan penyebab. Hal yang anda alami saat ini bisa saja merupakan lanjutan atau kambuhan dari bronkitis yang anda alami sebelumnya. Sebaiknya anda kembali mengunjungi dokter agar dilakukan pemeriksaan kembali terhadap gejala yang anda alami. Komplikasi dari bronkitis juga dapat berupa pneumonia. Keluhan yang anda alami juga dapat berupa alergi. Karena setiap anda memasuki daerah yang dingin anda akan mengalami keluhan keluhan seperti yang anda sebutkan. Yang dapat dilakukan sebaiknya adalah menghindari alergen yang memicu alergi anda dan jika sudah sangat mengganggu anda dapat mengkonsumsi obat alergi yang dijual di pasaran. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini agar meringankan gejala yang anda alami dan mencegah kekambuhan bronkitis, yaitu:

    • Hindari merokok dan hindari terkena asap rokok
    • Istirahat cukup minimal 8 jam satu hari
    • Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi
    • Menghindari alergen yang dapat memicu keluarya lendir di saluran pernafasan sehingga dapat memicu sesak
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Alergi Bronkitis Penumonia Semoga membantu dr. Yosephine U L simanungkalit