Tanya Dokter

  • Pendarahan disertai demam setelah kuretase

  •  Nayvieta Ricy
    Anggota
    Sore dokter, tgl 14 maret kmren sy keguguran dan mnjalani kuret, sampai saat ini masih sedikit pendarahan dan terkadang sedikit demam, apakah ini wajar? Berapa lama pendarahan pasca kuret dan kapan bisa mulai program kehamilan kembali? Mohon penjelasannya..

    Nayvieta yang baik,

    kuret atau kuretase merupakan prosedur pembersihan rahim dari jaringan di dalamnya, yang biasanya dilakukan pasca keguguran. Kuret penting dilakukan karena selama masih ada jaringan dalam rahim, maka rahim tidak dapat berkontraksi dan menjepit pembuluh darah yang ada, untuk menghentikan pendarahan yang ada. Bila pasca kuret masih terjadi pendarahan, ada beberapa kemungkinan yang terjadi yakni :

    • masih terdapat sisa jaringan dalam rahim
    • adanya gangguan pembekuan darah
    • adanya kondisi lain seperti tumor atau kanker
    • peradangan pada leher rahim atau servisitis

    Demam biasanya merupakan pertanda terjadinya peradangan yang bisa disebabkan karena infeksi. Namun demikian penting untuk terlebih dahulu memeriksakan diri kembali pada dokter kandungan untuk kemudian menentukan langkah apa yang harus diambil terkait pendarahan yang masih terjadi. Kami juga menganjurkan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan hingga kondisi rahim benar-benar dalam keadaan sehat tanpa adanya peradangan dan kondusif untuk terjadinya kehamilan. Hal ini tentunya perlu didiskusikan juga bersama dengan dokter kandungan Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai prosedur kuret. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief