Tanya Dokter

  • BAB terasa sakit kembali pasca pengobatan wasir

  •  Stempel Sae
    Anggota
    Dok iatri saya melahirkan normal sekitar 2 bulan lalu tepatnya 19 januari 2018. Dulu beberapa hari setelah melahirkan BABnya sakit dan anusnya keluar, dibobati dengan kapsul yang di masukan ke anus langsung, alhamdulillah rada membaik. Tp belakangan ini BABnya sakit lagi dok tapi anusnya udah tdk keluar. Mohon penjelasannya dok, dan apa yg harus saya dan istri lakukan?, terima kasih

    Halo, terima kasih telah mengunjungi Alodokter.

    Keluhan keluarnya benjolan pada anus saat BAB dapat disebut dengan wasir atau hemorid. Hemoroid merupakan kondisi dimana adanya pembengkakan pada pembuluh darah yang membesar. Hemoroid dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti proses melahirkan yang membuat ibu mengedan dengan keras, kurangnya asupan air dan makanan yang tinggi serat sehingga membuat konsistensi tinja padat dan keras. Adapun gejala dari hemoroid seperti BAB yang disertai darah segar menetes pada akhir BAB, atau keluarnya benjolan saat BAB. Keluarnya benjolan ni bentuknya bervariasi sesuai dengan derajatnya, ada yang tidak keluar anus, ada yang bisa kembali lagi ke dalam anus, ada yang dapat kembali dengan bantuan tangan untuk memasukkan, dan ada juga yang tidak dapat kembali meskipun dengan bantuan tanga memasukkan.

    Jika saat ini Ibu mengalami kesulitan BAB dan terasa sakit, hal ini dapat disebabkan karna ibu khawatir BAB dan mengedan, atau bisa juga disebabkan karena beberapa faktor lain, seperti:

    1. Kurangnya cairan atau air
    2. Makanan tinggi lemak
    3. Pola makan yang kurang asupan serat
    4. Efek samping obat, seperti konsumsi zat besi
    5. Beberapa kondisi tertentu, seperti stress.

    Ada beberapa tips untuk mengurangi keluhan Ibu, seperti:

    1. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan
    2. Mengonsumsi air putih 2-3 liter per hari atau sekitar 8-10 gelas per hari
    3. Olahraga rutin
    4. Menghidari kebiasaan menahan BAB

    Apabila dalam 2 minggu Ibu sudah melakukan tips diatas namun belum memaik, sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke Dokter agar dilakukan kajian lebih dalam mengenai kluhan dan pemeriksaan secara langsung untuk diberikan penanganan yang tepat.

    Semoga Bermanfaat.

    dr. Thoriqotil H.M.