Tanya Dokter

  • pengobatan untuk kutil kelamin di batang penis

  • Dear Dokter,

    Saya ingin bertanya. Jumat tanggal 13 April 2018 lalu saya melakukan totol kutil kelamin di daerah batan penis dan sekitar Anus. Saat ditotol, rasanya panas seperti terbakar. Kemudian, di sekitar kutil menjadi hitam kering. Saya dikasih Cream Pirotop dan Vitamin Seloxy AA. Kemudian, hari Minggu nya luka tersebut mengelupas, menjadi lengket lengket ke celana dalam. Sampai sekarang, lukaya tidak mau kering, jika saya pake cream pirotop ini, disekitaran luka akan menjadi lengket dan jika ditempelkan tissue, bebercak warna kuning. Apa yang harus saya lakukan ya Dok? Saya juga sudah kasih betadine, tapi tetap sama saja.

    Hai IgnatiusAlbert,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, seperti apa kutil kelamin yang Anda alami? Apakah sudah diperiksakan ke dokter dan didiagnosis kutil kelamin? Lantas, dimana Anda melakukan totol kutil kelamin? Apakah yang melakukan adalah dokter? Apa saja kandungan zat yang digunakan dalam proses totol kutil kelamin tersebut?

    Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini rentan menular melalui kontak langsung dan tidak langsung saat berhubungan seksual. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya benjolan menyerupai daging berwarna kemerahan atau keabuan yang tidak terasa nyeri di sekitar area kelamin, anus, mulut, atau bahkan tenggorokan. Penderita bisa merasakan gatal atau tidak nyaman di tempat munculnya benjolan. Kerap kali, benjolan akibat kutil bisa saling menyatu dan membentuk massa yang lebih besar menyerupai kembang kol.

    Pada beberapa kasus, gejala kutil kelami bisa sangat mirip dengan penyakit lain, misalnya molluscum contagiosum, herpes genital, keratosis folikularis, pearly penile papule, neurofibromatosis, sifilis, dan sebagainya. Karenanya, bila Anda belum memeriksakan diri ke dokter, belum bisa dipastikan bahwa yang Anda alami memang kutil kelamin.

    Kutil dan area sekitarnya yang mengelupas dan menjadi lengket setelah dilakukan totol kutil kelamin kemungkinan muncul akibat iritasi atau alergi akibat kontak dengan bahan yang digunakan untuk totol kelamin tersebut. Bisa juga, kondisi ini muncul akibat infeksi sekunder pada kutil yang Anda alami sebelumnya.

    Kami tidak berwenang menentukan diagnosis pasti atas keluhan yang Anda alami saat ini tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu, Anda sebaiknya memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya.. Hindari dulu aplikasi apapun, termasuk tisue dan povidone iodine (betadine) di area kemaluan kecuali bila memang disarankan oleh dokter. Selalu bersihkan area kemaluan Anda, yakni dengan membilasnya menggunakan air berkualitas baik, keringkan dengan benar, lalu kemudian kenakan celana yang longgar dan bersih. Hindari dulu hubungan seksual, kecuali bila memang Anda sudah dinyatakan sembuh oleh dokter. 

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah