Tanya Dokter

  • Kepala masih nyeri, tubuh lemas dan kejang pasca operasi tumor otak

  • Selamat pagi dok, satu tahun yang lalu saya telah di diagnosa terkena penyakit tumor otak temporal kiri, salah satu penyebabnya dikarenakan dahulu sekitar 15 thn lalu kepala saya pernah terbentur keras akibat kecelakaan , dan kepala bagian kiri depan telah dijahit beberapa jahitan. Agustus tahun lalu saya sudah menjalani operasi pengangkatan tumor. Yang ingin saya tanyakan apakah ada kemungkinan tumor otak bisa sembuh total setelah operasi pun ? karena sampai ini saya masih merasakan gejala2 seperti kepala tertekan dan nyeri, tubuh lemas, penglihatan terkadang terganggu, kejang2 dan juga masih diberikan obat yang tidak boleh putus. Dan setelah operasi itu, apa yang masih dipertimbangkan oleh para dokter ? Karena jawaban dr dokter ahli onkologi saya hanya mengatakan belum tahu waktunya sampai kapan dan masih perlu dipantau

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Tumor adalah pertumbuhan sel abnormal atau yang tidak seharusnya pada tubuh. Sehingga tumor otak adalah ketika pertumbuhan abnormal tersebut terjadi pada otak. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun meski seringkali terjadi pada orang dewasa.

    Berdasarkan jenisnya, ada dua jenis tumor, yakni yang jinak dan ganas. Tumor yang bersifat jinak pada umumnya tidak akan menyebar ke organ lain dan yang ganas dapat menyebar ke organ lain sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

    Ada banyak jenis tumor otak berdasarkan lokasinya, beberapa diantaranya adalah:

    • Meningioma, yakni tumor yang tumbuh pada selaput yang menyelubungi otak dan saraf tulang belakang
    • Neuroma akustik, yakni yang tumbuh pada saraf yang berperan dalam pendengaran dan keseimbangan tubuh
    • Adenoma pituitari, yakni tumor yang tumbuh pada kelenjar yang terletak dibawah otak. Kelenjar ini berfungsi mengeluarkan hormon sehingga gangguannya dapat berdampak ke seluruh tubuh

     

    Mengenai kasus Anda, sebenarnya bila pemicunya karena kecelakaan, Anda juga harus mempertimbangkan bahwa itu bukanlah tumor, melainkan gumpalan darah. Tumor biasanya tidak timbul dalam waktu yang sangat cepat seperti kecelakaan, melainkan lebih perlahan dalam hitungan bulan hingga tahun.

    Namun begitu, jika sudah dilakukan operasi dan terdiagnosis tumor, yang perlu Anda ketahui adalah memang sejauh ini belum ada penjelasan secara pasti mengapa tumor bisa muncul. Risikonya meningkat pada mereka yang berusia tua, memiliki riwayat keluarga dengan tumor otak, memiliki pajanan terhadap radiasi, serta memiliki kanker lain pada tubuh, tapi sebabnya masih belum diketahui. Orang bisa saja memiliki faktor risiko tersebut dan tidak mengalami tumor, dan bisa juga tidak memiliki faktor risiko tersebut dan mengalami tumor. Sehingga jawaban dokter onkologi Anda sangat bisa dipahami.

    Yang jelas, yang bisa Anda lakukan sekarang adalah menghindari stress dan asap rokok, jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayur, buah dan daging, perbanyak konsumsi air putih, olahraga teratur, cukup istirahat dan rutin kontrol juga mengonsumsi obat. Dengan menaati ini semua, Anda sudah memperbesar kemungkinan Anda untuk menjalani kehidupan yang sehat dimasa depan. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa