Tanya Dokter

  • Mengobati patah tulang betis

  •  alman
    Anggota
    dok saya mau tanya latihan apa saja untuk mempercepat penyembuhan tulang betis saya dan berapa lama penyembuhan patah kaki fraktur cominuted , umur saya 24 tahun , sudah 5 bulan saya belum bsa jalan terimakasih

    Halo Alman, terima kasih telah mengunjungi Alodokter.

    Proses penyembuhan patah tulang dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti: lokasi patah tulang, jenis patah tulang, usia, penyakit yang dialami penderita selain patah tulang misalnya kencing manis, nutrisi yang dikonsumsi, komplikasi seperti infeksi.

    Pada umumnya, proses penyembuhan tulang berlangsung dalam 4-6 bulan untuk kembali beraktivitas. Namun kembali lagi, semuanya tergantung pada kondisi. Jika pada kondisi Anda, di betis dan jenis fraktur kominutif yakni bagian tulang terpecah-pecah, kemungkinan akan lebih lama daripada penyembuhan patah tulang dengan garis biasa. 

    Untuk membantu penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa latihan yang dapat dikonsultasikan terlebih dahulu ke Dokter spesialis rehabilitasi medik. Dokter mungkin akan melatih secara bertahap. Mulai dari latihan kekuatan otot secara bertahap dari menegangkan dan merilekskan. Apabila Anda sudah mampu untuk menggerakkan dan menekuk, Anda dilatih menggunakan tongkat untuk berjalan, menapakkan kaki, hingga berjalan tanpa tongkat.

     

    Terima kasih, semoga bermanfaat

    dr. Thoriqotil HM.