Tanya Dokter

  • payudara lebih padat dan besar sebelah kiri

  •  AyuAyu27
    Anggota
    Halo dok, saya masih berusia 18 tahun. Saya ingin bertanya, jika payudara yang lebih besar dan padat sebelah itu apakah normal? Hal ini baru terjadi pada saya saat saya menstruasi pada bulan ini sampai sekarang (periode menstruasi sudah selesai) dan juga payudara disebelah kiri saya terasa lebih panas dan hal itu membuat saya tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Apakah ada solusinya?

    Hai AyuAyu27,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pada saat mendekati waktu menstruasi (sebelum atau setelah menstruasi), payudara umumnya memang akan mengalami serangkaian perubahan. Perubahan ini akan membuat payudara Anda lebih sensitif terhadap rasa nyeri, serta berukuran sedikit lebih besar dan lebih kencang. Kondisi ini dipengaruhi kuat oleh perubahan hormon dalam tubuh Anda. 

    Adapun perubahan payudara ini normalnya terjadi secara seimbang antara payudara kiri dan kanan. Namun, bila terjadi perbedaan, dan tidak terlalu mencolok, maka hal ini umumnya masih tergolong wajar tidak tidak perlu dikhawatirkan. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh aktfitas Anda yang lebih dominan dilakukan menggunakan tubuh sebelah kiri atau kanan.

    Yang perlu Anda waspadai adalah, bila perubahan payudara yang Anda alami muncul disertai tanda bahaya berikut:

    • Demam (suhu tubuh naik di atas 38,5 derajat celcius)
    • Muncul benjolan di payudara yang keras, sulit digerakkan, dan terus membesar meski menstruasi telah selesai
    • Muncul luka di payudara atau keluar nanah/ darah dari puting
    • Muncul perubahan struktur kulit, misalnya menjadi kasar, mencekung, atau menonjol

    Bila ada salah satu atau lebih dari tanda bahaya di atas yang Anda alami, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya dilakukan evaluasi lebih lanjut, misalnya melalui tes darah, rontgen, atau juga USG. Saat ini, Anda bisa meredakan rasa panas atau tidak nyaman di payudara Anda menggunakan kompres hangat. Kenakan bra yang bersih dan berukuran fit dengan payudara Anda sehingga meminimalisasi risiko iritasi pada kulit payudara. Tidak lupa, jaga juga kebersihan diri Anda dengan rutin mandi dan mengenakan pakaian yang bersih.

     

    Payudara terasa nyeri

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah