Tanya Dokter

  • pemeriksaan pendengaran pada penderita tuberkulosis

  •  nona kim
    Anggota

    Dokter, apa fungsi pemeriksaan pendengaran (audiometri) bagi penderita TB MDR dan apa yang menjadi kerugian jika pasien TB MDR tidak melakukan hal tsb?

    Halo Nona Nira, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penderita multi drug resistant tuberculosis (MDR TB) akan mendapatkan pengobatan yang berbeda dari penderita tuberkulosis biasa karena bakteri tuberkulosis di dalam tubuhnya sudah mengalami resistensi terhadap pengobatan yang sebelumnya diberikan. Salah satu jenis obat yang diberikan pada pasien MDR TB (obat golongan aminoglikosida) memiliki sifat ototoksik atau dapat menyebabkan kerusakan pada saraf di telinga yang sifatnya permanen (tidak bisa sembuh). Oleh karena itu pada penderita MDR TB yang mendapat aminoglikosida, harus dilakukan pemeriksaan audiometri secara berkala untuk melihat ada tidaknya gangguan pada pendengaran akibat efek samping obat yang diberikan.

    Tidak melakukan audiometri sebenarnya tidak membawa dampak secara langsung terhadap kesehatan anda. Namun dengan tidak dilakukannya audiometri, dokter tidak akan dapat memantau bila terjadi kerusakan pada saraf telinga anda dan tidak dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengantisipasi kerusakan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pemeriksaan audiometri tetap anda lakukan sesuai yang disarankan oleh dokter anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia