Tanya Dokter

  • Pendarahan tak kunjung berhenti pasca cabut gigi

  •  dhiyaayu03
    Anggota
    dok saya ingin bertanya kemaren sekitar jam set 5 sore saya ke dokter untuk cabut gigi tapi sampai saat ini darah nya belum berhenti juga bahkan td malam sampai ada gumpalan darah besar di sekitar lubang bekas cabut gigi dan saya juga judah ke igd tpi tidak ada perubahan mohon di jawab dok terima kasih

    Hai dhiyaayu03,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas, apakah Anda memiliki riwayat gangguan perdarahan sebelumnya, misalnya yang tampak sebagai memar, mimisan berulang, BAB hitam, muntah darah, dan sebagainya? 

    Tergantung kondisi giginya, pasca cabut gigi, perdarahan umumnya akan berhenti dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam pasca cabut gigi. Untuk menghentikan perdarahan ini, pasca pencabutan gigi umumnya dokter akan menyarankan Anda menggigit kapas yang telah diberikan suatu obat, gunanya untuk menekan dan mengecilkan diameter pembuluh darah yang robek sehingga darah cepat membeku dan berhenti. 

    Darah yang masih keluar seperti yang Anda alami, bila jumlahnya sedikit, kemungkinan bukan merupakan hal yang berbahaya. Pada gigi yang memiliki banyak pembuluh darah di bagian pulpanya (gigi graham misalnya), perdarahan memang akan berlangsung lebih lama.

    Namun, bila darah yang keluar sangat banyak, maka mungkin juga kondisi tersebut menandakan:

    • Abses --- infeksi pada gigi atau jaringan penyokongnya, bisa membuat peradangan yang menghambat pembekuan darah
    • Sisa akar gigi tertinggal --- bisa menyebabkan luka sulit menutup, sehingga perdarahan berlangsung lebih lama
    • Gangguan pembekuan darah, misalnya pada penderita idiopathic thrombocytopenic purpura, kanker darah, kelainan sumsum tulang belakang --- umumnya ditandai juga dengan tanda gangguan perdarahan lainnya, seperti memar, mimisan berulang, BAB hitam, muntah darah, dsb

    Bila keluhan sudah pernah diperiksakan ke dokter dan belum juga membaik, Anda bisa memeriksakan diri kembali ke dokter gigi supaya dilakukan evaluasi lebih lanjut. Jika perlu, dokter mungkin akan menganjurkan Anda menjalani tes laboratorium untuk menilai kemungkinan penyebab gangguan pembekuan darah yang bersifat sistemik.

    Saat ini, Anda sebaiknya gunakan gulungan kapas bersih dan gigi di antara bekas gigi yang dicabut untuk menekan pembuluh darah yang terbuka. Hindari mengorek-ngorek bekas cabut gigi, termasuk juga bila didapati ada gumpalan darah. Konsumsi dulu makanan yang bertekstur lunak dan mudah ditelan tanpa harus dikunyah terlalu lama.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah