Tanya Dokter

  • Pendarahan setelah sunat

  • Pagi dok saya mau tanya kemarin saya mengalami pendarahan setelah sunat baru buka perban belum buka jahitan mau tanya bagaimana cara pemulihan agar tidak pendarahan lagi?

    Christian Setyanto  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Christian,

    Sunat merupakan prosedur untuk membuang kulit penis di bagian yang menutupi kepala penis. Prosedur ini bertujuan untuk memudahkan ketika membersihkan penis, mengurangi risiko infeksi saluran kemih, mengurangi risiko tertular infeksi menular seksual dan beberapa manfaat lain. Metode sunat sendiri saat ini beragam, mulai dari bedah konvensional, bedah laser, metode clamp dan lainnya. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tetapi beberapa risiko yang umum terjadi diantaranya seperti:

    • Perdarahan
    • Demam
    • Pembengkakan
    • Infeksi luka sunat
    • Sensitivitas pada kepala penis dapat berkurang

    Jika terjadi perdarahan perlu diperhatikan, jika perdaharan cukup banyak dan sulit berhenti maka perlu untuk segera ke unit gawat darurat untuk mendapatkan penanganan. Perdarahan yang terjadi ketika membuka perban dapat terjadi karena permukaan luka yang kembali terbuka, untuk itu jika terjadi perdarahan dapat dihentikan dengan menekan sumber perdarahan dengan kassa steril baru dan jika sudah berhenti dilakukan perawatan luka dan pergantian perban. Jika mengganti perban sendiri, hindari memaksakan membuka perban ketika kering agar jaringan yang mengering tidak menempel pada perban dan terangkat sehingga membuat perlukaan baru atau perdarahan, basahi terlebih dahulu perban dengan cairan saline steril dan bersihkan luka lalu ganti perban dengan yang baru dan bersih.

    Selain itu lakukan kontrol secara berkala pada dokter yang menangani Anda dan juga mengonsumsi obat yang diberi secara teratur, jaga kebersihan luka dan pembalut luka terutama setelah buang air kecil, dan hindari menggunakan pakaian yang ketat agar menghindari gesekkan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.