Tanya Dokter

  • Penderita jantung dan tekanan darah sering drop

  •  chandrasan
    Anggota

    Ayah saya menderita sakit jantung dan tekanan darah nya sering drop, harus makan apa ya sebaiknya ? dari apotik sering nya sangobion yang dianjurkan untuk membantu tekanan darah nya.

    Hai, Hipotensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah menurun di bawah normal.  Pada penyakit jantung dapat terjadi hipotensi akibat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga tekanan darah pun menurun. Penyakit jantung yang dapat menyebabkan hipotensi di antaranya:

    Sangobion berisi zat besi, vitamin dan mineral yang berguna sebagai suplemen bagi penderita anemia defisiensi besi (kekurangan sel darah merah). Obat ini tidak meningkatkan tekanan darah, namun diberikan sebagai suplemen untuk meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga dapat membantu meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh (yang seringkali terganggu pada penderita penyakit jantung). Untuk mengetahui pengobatan yang tepat bagi masalah hipotensi yang dialami oleh ayah Anda, perlu ditelusuri terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Kondisi hipotensi pada penyakit jantung merupakan suatu akibat, sehingga penanganan yang dilakukan haruslah menyeluruh pada masalah jantung yang mendasarinya. Disarankan agar ayah Anda dapat kembali berkonsultasi dengan Dokter yang merawat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Bila pengobatan yang dijalani saat ini belum dapat mengatasi masalah hipotensi yang dialami, Dokter akan melakukan analisis ulang dan merencanakan terapi yang sesuai dengan kondisi saat ini. Hindari mencoba-coba mengobati sendiri karena penanganan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang holistik dan menyeluruh. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Cukup istirahat dan cukup tidur
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang
    • Konsumsi air putih sesuai anjuran Dokter. Pada beberapa penyakit jantung tertentu Dokter menganjurkan pembatasan konsumsi minum untuk mengurangi beban jantung
    • Tidur dengan 2-3 bantal untuk menghindari penurunan tekanan darah secara drastis ketika berubah posisi dari berbaring menjadi duduk/berdiri
    • Mengubah posisi secara perlahan-lahan dan tidak mendadak, yaitu saat akan duduk/berdiri dari posisi berbaring/duduk
    • Hindari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok
    • Kelola stres dengan bijak
    Berikut laman yang memuat artikel dengan topik terkait: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman