Tanya Dokter

  • Rasa kantuk berlebihan dan badan lemas saat perawatan penyakit paru

  •  Amar r
    Anggota

    Selamat malam dok, Saya mau nanya apakah penderita paru yg masa perawatan mengalami rasa ngantuk yg sangat berat/tidur melulu serta kondisi badan lemas hal tersebut disebabkan apa ya? Trus harus bagaimana semestinya. Terimakasih Amar r

    Halo Amar, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Sayangnya Anda tidak menyebutkan dengan detail penyakit paru apa yang Anda alami dan pengobatan apa saja yang saat ini telah diberikan dokter. Untuk itu, saya akan membahas secara umum mengenai penyebab seseorang mudah mengantuk beserta penanganannya.

    Mengantuk bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari perubahan jam tidur, kondisi psikologis, hingga menandakan terjadi gangguan serius di tubuh. Normalnya, rentang waktu tidur malam hari dianjurkan sekitar 6-8 jam, namun perlu diperhatikan, rentang waktu ini berbeda bagi setiap kelompok usia. Bila kebutuhan tidur ini telah terpenuhi namun Anda masih tetap merasa mengantuk di siang hari, ada kemungkinan Anda mengalami narkolepsi, yaitu gangguan tidur yang mana penderitanya merasa mengantuk tak tertahankan pada siang hari.

    Penyebab lain yang mungkin adalah karena Anda mengalami gangguan tidur akibat kondisi psikologis tertentu, seperti stres, cemas, depresi. Beberapa kondisi medis tertentu juga bisa mencetuskan rasa mengantuk berlebih, seperti :

    • diabetes
    • ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, khususnya terjadi natrium dan kalsium
    • gangguan fungsi tiroid yang mana kelenjarnya kurang aktif (hipotiroid)
    • efek samping obat tertentu, seperti obat tidur, obat antihistamin (biasa ada di dalam obat batuk-pilek)

    Untuk memastikan kondisi kesehatan Anda, dianjurkan berkonsultasi kembali ke dokter biasa menangani Anda. Dokter akan memastikan tentang kondisi kesehatan Anda, kemajuan dalam pengobatan, termasuk kandungan obat yang Anda konsumsi. Bila rasa kantuk yang muncul disebabkan oleh kandungan obat, dokter bisa mengganti atau menghentikan obat tersebut, tentunya disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda saat diperiksa oleh dokter.

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili