Tanya Dokter

  • Muncul bintik merah di belakang kepala saat konsumsi susu formula

  • Dok saya mau nanyak, Anak saya msih umur 2 bulan,dy d bntu dgn asi,dan kadang2 di ksh sufor sapi tp dy alergi dan kurusan dok klau gk di ksih susu, apa klau di kasih susu kdelai gk alergi lg ya dok, Dan di belakang kepalanya ada bulet2 merah dok,kta bidannya sih itu alergi susu sapi itu, Tp udah di ksih salep sm bidannya ttep aja gak pecah2 dok...gmn ya dok

    Zulham Efendy AlzafiN'z Lidiya  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Zulham,

    Untuk anak usia 0-6 bulan, sumber nutrisi terbaik adalah ASI. Karena itu disarankan hingga usia 6 bulan anak mendapatkan ASI eksklusif. ASI mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dalam jumlah memadai. Bila ibu hanya menghasilkan sedikit ASI, ibu dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

    Namun apabila ibu sudah tidak menghasilkan ASI lagi, maka dapat digantikan dengan susu formula berbahan dasar susu sapi ataupun kedelai.  Apabila anak alergi terhadap susu sapi (ditandai dengan muntah , BAB cair/diare, mata berair,  timbul kemerahan di area bibir maupun anus) maka dapat digantikan dengan susu formula yang berbahan kedelai. Namun apabila anak anda masih mengalami keluhan alergi setelah pergantian susu, anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis anak dan meminta saran pada dokter.

     

    Untuk keluhan di belakang kepala bayi anda, kemungkinan hal tersebut disebabkan adanya infeksi kulit akibat bakteri maupun jamur, iritasi kulit, maupun merupakan gejala dari alergi yang dialami. Apabila setelah susu sapi diganti kemerahan tetap ada, maka kemungkinan kemerahan bukan diakibatkan susu sapi. Saya sarankan sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan langsung dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Budiono