Tanya Dokter

  • Penyebab penglihatan berwarna merah setelah jatuh

  •  Stuergeon
    Anggota
    Halo dok waktu itu saya pernah jatuh cukup keras kemudian untuk sesaat penglihatan saya berwarna merah(masih bisa melihat tapi warna hanya merah),kalau boleh tau kenapa bisa begitu yah?

    Halo Stuergeon,

    Riwayat pernah jatuh dengan cukup keras, kemungkinan besar mengalami trauma pada area kepala anda. Dalam rongga kepala terdapat beberapa organ yang penting seperti otak dan mata, dimana keduanya dapat melakukan fungsinya dengan bantuan saraf dan pembuluh darah.

    Gangguan penglihatan khususnya dalam kasus anda adalah perbedaan warna, kondisi tersebut dapat dibagi menjadi 2 tipe yaitu buta warna partial dan buta warna total. Biasanya pada buta warna partial, penderita tidak dapat membedakan warna tertentu seperti merah-hijau, kasus seperti ini adalah kasus yang terbanyak dibandingkan tipe lainnya. Tipe lainnya yaitu buta warna total, dimana penderita hanya dapat melihat warna putih-hitam, tetapi kasus ini sangat jarang ditemukan.

    Pada kasus anda, hanya dapat melihat keseluruhan warna merah. Sebenarnya kasus tersebut sangat jarang ditemukan. Namun terdapat kemungkinan, apakah masalah pada persepsi penglihatan anda yang merupakan fungsi dari saraf atau masalah pada organ mata khususnya sel kerucut yang berfungsi untuk menangkap warna. Kemungkinan tersebut dapat diketahui tentunya dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang oleh dokter spesialis mata.

    Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk penderita buta warna, namun beberapa penderita dapat mulai beradaptasi dalam menemukan cara untuk membedakan warna.

    Apakah saat ini penglihatan anda masih menetap hanya dapat melihat warna merah saja?

    Jangan ragu untuk mendiskusikan keluhan anda kepada dokter spesialis mata ya.

    Demikian penjelasan saya. Semoga membantu. Terima kasih.

    Salam, dr.Valan Tauran