Tanya Dokter

  • Pengobatan Asam Lambung Secara Alami

  • Dok bagaimana jika saya sudah konsumsi obat asam lambung secara rutin tetapi saya masih merasakan lambung saya bermasalah, apa saya harus ke dokter atau bagai mana tolong jawab dok, terimakasih

    Hai Rikki,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sebelumnya, perlu diperjelas, obat asam lambung apa yang Anda konsumsi? Apakah diresepkan oleh dokter? Keluhan seperti apa yang Anda alami? Apakah sudah pernah diperiksakan ke dokter dan didiagnosis sebagai asam lambung? Lantas, penanganan seperti apa yang dianjurkan oleh dokter Anda?

    Lambung merupakan organ bagian dari sistem pencernaan yang menghubungkan antara esofagus dengan duodenum. Ada banyak penyakit yang bisa mengenai lambung. Namun yang tersering, biasanya berkaitan dengan peningkatan asam lambung atau disebut juga dengan sindroma dispepsia.

    Sindroma dispepsia bisa ditandai dengan rasa tidak nyaman yang muncul dominan di area epigastrik (perut bagian atas, ulu hati, dada tengah). Rasa tidak nyaman ini bisa berupa nyeri, perih, mual, mengganjal, sesak, panas, dan sebagainya. Namun, hanya dengan merasakan berbagai keluhan tersebut tidak lantas memastikan bahwa Anda mengalami sindroma dispepsia. Karena pada banyak kasus, keluhan-keluhan tersebut bisa juga muncul akibat penyebab lain, misalnya bronkhitis, serangan jantung, pleuritis, gangguan psikosomatis, dan sebagainya. Jikalaupun benar disebabkan oleh sindroma dispepsia, perlu diperjelas juga apa penyebabnya, apakah hanya dispepsia fungsional, ataukah ada kelainan organik tertentu yang mendasarinya, misalnya gastritis, tukak lambung, GERD (gastroesophageal reflux disease), kolangitis, pankreatitis, kolelitiasis, dan sebagainya.

    Maka dari itu, kami sarankan Anda memeriksakan langsung keluhan yang Anda rasakan pada ahlinya, yakni dokter. Bila benar keluhan Anda terjadi akibat sindroma dispepsia, maka dokter tersebutlah yang akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. 

    Di samping itu, perlu juga Anda ketahui, bahwa penanganan dispepsia pun tidak cukup dilakukan hanya dengan mengandalkan konsumsi obat semata. Anda pun perlu mengimbanginya dengan menjalani pola hidup yang sehat. Jadi, di samping konsumsi obat, lakukan juga tips berikut:

    • Makan dengan teratur 3 hingga 5 kali dalam sehari
    • Bila perut terasa tidak nyaman, makanlah dengan porsi sedikit, tapi sering
    • Kurangi mengkonsumsi makanan yang pedas, asam, bersantan, atau mengandung banyak gas
    • Batasi kafein
    • Hindari alkohol
    • Hindari juga stres atau kelelahan yang berlebihan
    • Rutin berolahraga untuk menjaga berat badan ideal
    • Hindari konsumsi obat sembarangan tanpa resep dokter

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah