Tanya Dokter

  • penyebab munculnya bentol kemerahan dan berair di kepala penis

  •  Tomi TRiana
    Anggota

    Saya mau bertanya dok, di kepalq penis saya keluar cairan licin, yang awaalnya bentolan kecil, dan setelah 1 mminggu malah keluar bercak merah bnyak seperti darah yg mau keluar, saya mu tanya kenapa yah dok dan obatnya apa?

    Hai Tomi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, apakah Anda pernah berhubungan seksual sebelumnya? Apakah pasangan seksual Anda juga mengalami keluhan serupa?

    Munculnya bentol kemerahan dan berair di kepala penis bisa menjadi pertanda adanya infeksi. Infeksi ini kebanyakan menular akibat perilaku seks yang berisiko, di antaranya bergonta ganti pasangan seksual, berhubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui jelas riwayat seksualnya, atau juga tidak menggunakan kondom. Karenanya, pada umumnya keluhan ini tidak hanya dialami oleh 1 orang saja, melainkan juga pasangan seksualnya.

    Kemungkinan, keluhan Anda disebabkan oleh Herpes genital. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Herpes simplex. Khasnya, Herpes genital akan menyebabkan munculnya ruam yang tampak kemerahan yang melepuh (berisi cairan) kemudian pecah, bisa di penis, buah zakar, bokong, hingga paha atau perut bawah. Luka ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang ringan hingga berat, misalnya perih, gatal, atau geli.

    Di samping Herpes genital, mungkin juga keluhan Anda muncul akibat sebab lain, misalnya:

    • Infeksi menular seksual lainnya, seperti sifilis, gonorrhea, kutil kelamin, molluscum contagiosum
    • Infeksi lainnya, seperti folikulitis, skabies, impetigo
    • Dermatitis kontak (peradangan kulit akibat kontak dengan zat pemicu alergi atau iritasi)
    • Tumor jinak atau ganas
    • Erupsi obat, dan sebagainya

    Memeriksakan langsung keluhan ke dokter bisa membantu mempercepat penanganan. Dengan begitu, secara tidak langsung, potensi kesembuhan pun akan meningkat. Dokter bisa juga merujuk Anda dokter spesialis kulit dan kelamin guna mendapat tatalaksana yang tepat. Jika benar penyebabnya Herpes genital, maka penanganan nantinya bisa dilakukan melalui pemberian obat anti virus, dan beberapa obat lainnya.

    Sementara ini, jangan dulu melakukan hubungan seksual dengan siapapun guna meminimalisasi penularan. Bila pasangan seksual Anda memiliki keluhan serupa, periksakan juga ia ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Selain itu, jaga selalu kebersihan kulit kelamin Anda, yakni dengan membilasnya menggunakan air berkualitas baik, mengeringkannya sebelum berpakaian, dan mengenakan selalu celana yang bersih, longgar, dan berbahan lembut. Jangan memencet paksa bentol yang muncul di penis, terlebih menggunakan tangan yang kotor. Jangan juga mengoleskan atau menaburkan bedak apapun di kelamin selama tidak dianjurkan oleh dokter.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah