Tanya Dokter

  • Penjelasan tentang penyakit tumor ganas stadium 4

  •  Ceicilia
    Anggota
    Selamat sore, Dok Penjelasan umum mengenai tumor ganas/kanker stadium 4 Terimakasih
    Ceicilia  Arief Tri
    Dokter

    Halo, terima kasih sudah bertanya di Alodokter.

    Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian diseluruh dunia. Kanker ada bermacam-macam yaitu kanker paru, hati, payudara, serviks, usus, prostat, tulang dan masih banyak lagi. Kanker merupakan suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel yang abnormal secara terus menerus, tidak terbatas, dan tidak terkoordinasi dengan jaringan sekitarnya. Pertumbuhan ini akan menyebabkan jaringan menjadi besar dan disebut dengan tumor. Sel kanker yang bersifat ganas dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar melalui pembuluh darah dan saluran getah bening. Penjalaran ke jaringan lain disebut dengan metastasis.

    Beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan terjadinya kanker, antara lain:

    • Genetik atau riwayat keluarga menderita kanker
    • Merokok
    • Sering mengkonsumsi alcohol
    • Pola makan yang tidak sehat
    • Terpapar bahan-bahan kimia, radiasi sinar, virus yang dapat menimbulkan kanker

    Gejala pada seseorang yang menderita kanker berbeda-beda, tergantung jenis kanker yang diderita, contohnya

    • Kanker payudara, keluhan yang pertama kali dirasakan pada penderita ini umumnya munculnya benjolan atau penebalan kulit di payudara, setelah itu akan diikuti dengan keluarnya cairan atau darah dari putting susu.
    • Kanker serviks, pada penyakit ini, gejala awal yang muncul berupa perdarahan yang tidak normal pada vagina, perdarahan ini terjadi terutama setelah berhubungan seksual dan tejadi diluar siklus menstruasi atau saat menopause. Selain itu  cairan tersebut dapat berbau, terdapatnya darah yang bercampur air kencing, berat badan menurun
    • Kanker prostat, kanker ini hanya terjadi pada laki-laki, keluhan yang dirasakan pertama kali dapat berupa sering buang air kecil, merasakan nyeri saat buang air kecil, terdapat darah yang bercampur dengan air kencing dan masih banyak gejala yang menyertai penyakit ini.

    Dalam menentukan tingkat keparahan dari suatu kanker, dilakukan penilaian stadium kanker. Penilaian stadium kanker tersebut meliputi Tumor, Nodul dan Metastase. Pada tumor yang dinilai adalah besarnya benjolan tersebut. Setiap kanker memiliki kriteria berbeda-beda mengenai ukuran tumor, nodul adalah menilai adanya keterlibatan atau pembesaran kelenjar getah bening didekat area tumor, metastasis adalah terdapatnya sel kanker di organ lain selain organ utama. Stadium kanker terbagi mulai dari stadium I, IIA, IIB, IIIA, IIIB dan IV. Penilaian stadium I sampai III dinilai berdasarkan besar tumor dan adanya nodul, pada stadium ini tidak diikuti dengan adanya metastasis. Sementara Stadium IV merupakan stadium akhir perjalanan penyakit kanker. Orang divonis menderita kanker stadium IV apabila sel kanker tersebut sudah menimbulkan metastasis ke organ yang lain.

    Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat

    dr. Arief