Tanya Dokter

  • Penularan HIV

  •  Rontekk
    Anggota
    Malam dok, mau bertanya, apakah sikat gigi yang kita sdh gunakan, di cuci & dibersihkan dapat menular trhadap orang yg memakai sikat gigi tersebut atau tidak? Soalnya sya biasa menggigit bibir gtu, tapi cma lecet aja dok ga kluarin darah, nah sikat gigi trsbut digunakan orang lain, tapi ketika saya selesai menyikat gigi saya sudah bersihkan, tidak ada darah setetes pun, jadi apakah orng yg memakai sikat gigi setelah saya pakai yg sudah saya bersihkan dapat menular dok? Terima kasih

    Hallo , Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    HIV atau AIDS merupakan penyakit yang paling menakutkan, karena itu banyak orang mengkhawatirkan cara penularannya nya. Cara penularan HIV yaitu melalui:

    1. Hubungan seksual tanpa pengaman
    2. Berganti ganti pasangan seksual
    3. Tranfusi darah
    4. Jamrum suntik
    5. ASI atau Air susu ibu
    6. Proses persalinan

    HIV tidak menular melalui gigitan serangga, air liur, air mata, keringat, bersentuhan berpelukan, ciuman, berbagi pengguanaan toilet, piring gelas,air atau udara. Jadi penggunaan sikat gigi yang digunakan bersamaan, asal tidak terkena darah pada luka di bibir Anda kemungkinan tidak akan tertular. Jika Anda faktor resiko tertular virus HIV, dan timbul gejala sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening,batuk lama, sesak nafas, demam , gangguan saraf seperti sering lupa, dan tidak fokus, gangguan pencernaan seperti diare yang tidak kunjung sembuh, cepat lelah dan penurunan berat badan. segera periksakan ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti darah, pemeriksaan Anti HIV, rontgen dada, Ct.scan kepala jika diperlukan.

    Beberapa saran untuk Anda

    1. Hindari seks bebas dengan berganti ganti pasangan
    2. Gunakan pelindunga atau kondom ketika akan berhubungan seksual
    3. Hindari penggunaan jarum bekas
    4. Makan makanan yang bergizi tinggi untuk daya tahan tubuh
    5. Istirahat cukup
    6. Olahraga teratur

    Baca artikel tentang Penularan HIV

    Terimakasih, semoga bermanfaat. dr.Nurmarwiyah