Tanya Dokter

  • Munculnya benjolan kemerahan di kulit dan terasa sakit

  •  Lala sela
    Anggota

    Hallo dok, begini di bagian luar hidung saya didaerah pinggir yang mendekati pipi terdapat benjolan merah dan bila dipegang rasanya sakit. Rasanya bila memegang hidung terasa benjolan tersebut. Saya kira ada jerawat di bagian dalam hidung sehingga ada benjolan diluar hidung. Tapi wktu saya cek tidak ada apapun di dalam hidung saya dok, dan keadaan hidung saya pun tidak sedang flu, sehat sehat saja dok, jadi itu penyakit apa dan apakah berbahaya, apakah itu kanker kulit dok?

    Lala sela  Lala sela
    Anggota

    Jadi sekarang dok hidung saya sebelah yang bagian luar ada benjolan itu, bagian dalam nya terada ada yang mengganjal dok, awalnya sih dok bagian luarnya itu cuma sakit doang terus karna saya gatau saya pencet pencet dan pegang eh kebesokan harinya langsung ada benjolan dok. apa ini berbahaya dok?

    Hai Lala,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Munculnya benjolan kemerahan di kulit memang bisa terjadi karena kanker kulit. Namun, hal ini umumnya bukan merupakan satu-satunya gejala. Perlu diperjelas dulu, sudah berapa lama benjolan tersebut Anda alami? Apakah ukurannya semakin membesar? Seperti apa bentuknya? Apakah sulit atau mudah digerakkan? Bagaimana konsistensinya, lunak atau keras? Apakah ada keluhan lain yang menyertainya, contohnya penurunan berat badan yang drastis, keringat berlebihan, demam ringan, lemas, mudah lelah, dan sebagainya?

    Masih banyak lagi kondisi yang bisa memunculkan keluhan sebagaimana yang Anda alami, tidak hanya kanker kulit, di antaranya yakni:

    • Infeksi, misalnya akne vulgaris (jerawat), folikulitis, Herpes zoster, impetigo
    • Dermatitis kontak iritan (peradangan kulit karena berkontak dengan substansi yang bersifat iritatif)
    • Gigitan serangga
    • Skar hipertrofik, keloid (pembentukan jaringan parut berlebihan pasca radang)
    • Tumor kulit jinak (bukan kanker), misalnya kista, fibroma, dan sebagainya

    Kecurigaan kanker kulit perlu dibuktikan dengan pemeriksaan dokter secara langsung, dan juga beberapa tes penunjang, misalnya biopsi jaringan dari benjolan supaya bisa dinilai sel-sel penyusunnya secara mikroskopik. Sebab itu, apabila Anda belum pernah memeriksakan keluhan Anda ke dokter, maka saat inilah saatnya. Dengan tegaknya diagnosis, maka penanganan pun bisa dilakukan lebih tepat sasaran.

    Saat ini, sebaiknya Anda hindari kebiasaan memencet-mencet atau memegang berlebihan benjolan yang muncul, apalagi menggunakan tangan yang diragukan kebersihannya. Selalu jaga kebersihan diri Anda, terutama wajah, yakni dengan selalu mandi dan mencuci muka. Hindari kulit wajah Anda agar tidak bersinggungan langsung dengan sinar matahari secara berlebihan, contohnya dengan menggunakan tabir surya atau topi lebar ketika beraktifitas di luar ruangan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah