Tanya Dokter

  • Sakit tenggorokan disertai demam dan sakit kepala

  •  Retno Lestari
    Anggota

    dok mau tanya,tenggorokan saya untuk menelan sakit sekali,disertai demam dan kepala yang sakit sekali,perutpun ikut kosong padahal sudah makan,sering buang air kecil terus. Mohon penjelasan penyakit apa yang saya alami serta cara mengobatinya

    Hai Retno, Sakit tenggorokan disebut dengan faringitis. Penyebab faringitis bisa terjadi oleh bakteri atau virus seperti yang kerap terjadi saat pilek. Sakit tenggorokan atau faringitis juga dapat disertai oleh gejala yang lain seperti sakit kepala, demam, kelenjar leher yang bengkak, amandel atau tonsil yang membesar, nyeri otot, batuk dan pilek. Jika anda mengalami nyeri tenggorokan yang disertai dengan gejala yang sudah disebutkan diatas sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter karena hal tersebut kemungkinan besar dapat diakibatkan oleh infeksi. Kondisi serius yang dapat menyertai nyeri tenggorokan adalah:

    • Abses peritonsiler atau quinsy yaitu pembengkakan yang bernanah yang terjadi antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang tonsil/amandel
    • Epiglotitis yaitu peradangan yang terjadi di lipatan jaringan di belakang tenggorok di bawah lidah (epiglotis) yang dapat menghambat pernafasan jika tidak ditangani dengan baik
    • Infeksi mononukleus yaitu infeksi Virus Epstein Barr yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening, demam dan sakit tenggorok. Untuk mendeteksinya diperlukan pemeriksaan darah.
    Pada umumnya nyeri yang dirasakan di tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 3-4 hari. Anda juga dapat mengkonsumsi obat yang dijual di pasaran seperti obat ibuprofen dan parasetamol. Namun jika setelah mengkonsumsi obat tersebut tidak ada perubahan, sebaiknya anda mengunjungi dokter agar diberikan pengobatan yang tepat. Anda juga harus segera mengunjungi dokter jika anda mengeluh hal seperti di bawah ini:
    • Sakit tenggorokan yang anda alami tidak membaik selama 1 minggu
    • Mengalami sakit tenggorokan beberapa kali dan tidak sembuh dengan pereda nyeri
    • Sakit tenggorokan yang disertai demam berhari-hari di atas 38 derajat dan tidak reda dengan menggunakan obat-obatan
    Untuk keluhan perut selalu terasa kosong, saya merekomendasikan agar anda mengunjungi dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebabnya. Sensasi yang merasa perut terasa kosong bisa disebabkan oleh banyak hal baik itu hal yang biasa atau hal yang lebih berat. Nafsu makan biasanya dihubungkan dengan perasaan perut yang kosong dan hal ini di stimulasi atau dipicu oleh neurohormon yang disebut ghrelin yang mengirimkan sinyal ke otak. Nafsu makan yang meningkat atau perasaan yang selalu merasa perut kosong juga bisa dihubungkan dengan perubahan metabolisme contohnya diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari yang bertambah. Namun, rasa kosong di perut bisa juga diakibatkan oleh sesuatu yang serius seperti organ perut menagalmi kebocoran (hal ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut hebat). Sehingga untuk memastikan hal ini, anda sebaiknya mengunjungi dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan jika anda sering buang air kecil bisa disebabkan oleh beberapa hal:
    • Anda mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak sehingga tubuh berkompensasi untuk mengeluarkan cairan tersebut
    • Anda mengalami ISK atau infeksi saluran kencing. Anda dapat membaca artikel tentang ISK untuk dapat membantu pertanyaan anda lebih spesifik.
    Anda juga dapat membaca artikel dan diskusi tentang nyeri tenggorok dibawah ini: Nyeri Tenggorok Sakit tenggorok Terimakasih Semoga Membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit      

    Retno Lestari  Retno Lestari
    Anggota

    kalau ada bintik bintik dilidah itu apa dok ?

    Hai Retno, Perlu untuk saya mengetahui bintik-bintik yang ada di lidah anda berwarna apa?

    Retno Lestari  Retno Lestari
    Anggota

    dok tips untuk memerahkan/mencerahkan bibir bagaimana ? Biar tidak hitam dan kering

    Retno Lestari  Chikal Aza Lah
    Anggota

    dok. . saya merasakn hal yg sama seperti rento lestari. . bisa d bilang itu penykit langganan saya dok. krna sering x penyakit itu datang dan saya tdak sgera melakukan tindakn dgn minun obat yg saya anggp bs menghbat penykit itu dtang dlm dri sya . saya suka minum puyer16 atau larutan .adem sari . tpi lw sakit itu udh terjdi sma saya . saya sering x tdk bs mngendalikan rsa sakit yg saya alami terutama d mlm hari. yg gk bs saya tahan rsa sakit kepala nya dok. mkasih dok sedikit bnyak ny saya udh nngerti apa yg d jelas kn dokter kepada retno .