Tanya Dokter

  • Demam disertai rasa panas pada pinggang

  • jal, hnpHalo dok, selamat sore. Saya ingin bercerita mengenai keluhan sakit bapak saya. Di malam hari bapak saya meriang, demam gitu, terus pinggangnya terasa panas. Kira2 itu penyakit apa ya dok? Bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya ya dok.

    Halo, terima kasih atas pertanyaan anda kepada Alodokter. 

    Berdasarkan cerita yang anda sampaikan kemungkinan besar ayah anda mengalami suatu gejala peradangan, bisa pada organ dalam, bisa juga pada sistem tulang dan otot. Organ dalam yang dimaksud termasuk sistem saluran kemih dan sistem pencernaan. Sebelum menjelaskan lebih lanjut sebaiknya anda memahami sistem-sistem tersebut.

     

    Sistem saluran kemih manusia tersusun atas :

    1. Sepasang ginjal.

    2. Sepasang ureter, saluran penghubung ginjal dengan kandung kemih.

    3. Kandung kemih

    4. Urethra / saluran kemih bawah

    5. Urethra dilingkupi oleh kelenjar prostat pada laki-laki

     

    Sistem pencernaan manusia tersusun atas :

    1. Mulut

    2. Kerongkongan

    3. Lambung

    4. Usus 12 jari

    5. Liver / hepar bersama kandung empedu

    6. Kelenjar pankreas

    7. Usus halus

    8. Usus besar

    9. Rektum

    10. Anus

     

    Sedangkan sistem tulang dan otot di daerah pinggang dan punggung terutama tersusun atas tulang belakang, tulang rusuk, dan otot-ototnya. Tulang belakang memiliki saluran yang berisi sumsum tulang belakang atau disebut juga saraf spinal. Tulang belakang tersusun atas 33 ruas, saling bertumpukan, di antara tumpukan tersebut terdapat bantalan.

     

    Kelainan-kelainan yang mungkin diderita oleh ayah anda antara lain :

    1. Infeksi ginjal, sebagian besar penyebabnya adalah bakteri. Infeksi pada ginjal dapat terjadi bila bakteri merangkak naik dari saluran kemih bawah hingga mencapai ginjal, misalnya pada kasus infeksi saluran kemih bawah yang tidak diobati atau pada pasien yang kekebalan tubuhnya menurun (kencing manis, HIV/AIDS); terdapat batu ginjal, batu menyebabkan mudahnya terjadi infeksi; atau bila terdapat sumbatan pada saluran kemih bawah, misalnya pada pembesaran prostat, striktur / sumbatan saluran kemih bawah.

    2. Infeksi ureter, penyebab dan proses terjadinya infeksi hampir sama seperti infeksi ginjal. Namun pada batu ureter gejala yang menonjol selain nyeri pinggang adalah menjalarnya nyeri hingga ke area alat kelamin.

    3. Batu kandung empedu, sebagian besar adalah batu kolesterol, yang terbentuk pada kandung empedu dan menyebabkan peradangan. Keluhan berupa nyeri terutama saat makan, nyeri pada perut kanan atas dijalarkan ke pinggang kanan sampai dengan bahu kanan, kekuningan pada kulit dan mata.

    4. Hernia nukleus pulposus (HNP) yaitu robeknya bantalan antar ruas tulang belakang hingga bantalan tersebut keluar dan menekan sumsum tulang belakang / saraf spinal, disebut juga penyakit saraf terjepit. Keluhan berupa nyeri pinggang yang menjalar ke bokong dan kaki, seperti disetrum.

     

    Kami menyarankan ayah anda segera diperiksakan ke rumah sakit terdekat. Kemungkinan dokter akan memeriksa urin / air seni ayah anda, rontgen perut, USG perut, sampai dengan MRI tulang belakang apabila dicurigai HNP.

     

    Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan di rumah :

    1. Apabila ayah anda buang air kecil lancar, pancaran air seninya tidak mengecil / melemah, boleh disarankan untuk menambah air putih yang diminum sehingga buang air kecil bertambah banyak.

    2. Mengonsumsi obat penurun demam yang dijual bebas.

    3. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

    4. Kompres hangat pada pinggang yang nyeri.

     

    Artikel berikut mungkin dapat membantu anda.

    Sekian penjelasan kami, semoga bermanfaat, terima kasih.