Tanya Dokter

  • Pemilihan diet yang baik untuk penderita darah rendah

  •  arbi surya
    Anggota

    Saya penderita penyakit darah rendah sejak masih remaja dan sekarang saya mengalami obesitas, apakah saya boleh melakukan diet ketat seperti diet karbohidrat?

    arbi surya  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Apakah yang anda maksud ialah penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi?

    tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu hal yang dapat terjadi pada setiap orang. tekanan darah dapat berbeda beda pada tiap orang. tekanan darah rendah biasanya merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah kurang dari 90/60mmHg. Tidak semua tekanan darah rendah akan bergejala. mendiagnosis tekanan darah rendah tidak dapat dilakukan sembarangan, harus dilakukan secara langsung oleh dokter dan pengukuran tekanan darah tidak dapat dilakukan hanya sekali.

    Tekanan darah yang rendah tanpa disertai dengan keluhan biasanya tidak berbahaya, dan tidak memerlukan terapi khusus. 

    jika anda mempunyai tekanan darah yang rendah tanpa gejala dan saat ini anda memiliki berat badan obesitas maka anda dapat melakukan diet rendah karbohidrat. Tetapi tetap dianjurkan anda mengkonsumsi karbohidrat pada porsi makan anda, misalnya dengan konsumsi kentang, oatmeal, nasi merah. Selain itu hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan yang digoreng, jeroan. Konsumsi cukup sayur dan buah pada tiap porsi makan. 

    Jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu meningkatkan tekanan darah.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai tekanan darah rendah

    semoga bermanfaat. terimaaksih

    dr. danny