Tanya Dokter

  • Nyeri dada bagian kanan dan nafsu makan menurun pasca infeksi herpes zoster

  • Dok saya mau tanya, ayah saya menderita penyakit dompo sudah 3 minggu belum sembuh, sudah berobat k penyakit kuliat tdk sembuh, sudah berobat akupuntur tidak sembuh, dan sudah berobat k penyakit dalam juga td sembuh.Untuk bintik merah bekas domponya sudah hilang. Yang sering d keluhkan adalah nyeri bagian dalam dada sebelah kanan mengalami nafsu makan turun, dan menderita hipertensi.

    Hai Dwi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Dompo (Herpes zoster), setelah sembuh memang kerap menyisakan nyeri yang cukup mengganggu. Dalam kondisi medis, kondisi ini disebut dengan neuralgia post herpetik. Pada lansia, nyeri ini bisa bertahan dalam waktu yang lama, hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah Herpes-nya sembuh. Mekanisme pasti terjadinya nyeri ini sesungguhnya masih belum jelas diketahui. Namun, banyak ahli menduga hal ini terjadi berkaitan dengan cidera serabut syaraf nociceptor yang meradang akibat reaktivasi virus Varicella zoster.

    Adapun peningkatan nafsu makan yang ayah Anda alami tidak selalu berkaitan dengan Herpes yang ia derita sebelumnya. Bisa juga, nafsu makan ayah Anda menurun akibat sedang stres, kelelahan, atau juga mengalami penyakit tertentu, misalnya gastritis, infeksi virus atau bakteri, dan sebagainya.

    Saran kami, Anda memeriksakan ayah Anda kembali ke dokter spesialis kulit untuk mengevaluasi penyembuhan Herpesnya. Bila sudah tidak ada lagi ruam di kulitnya, kemungkinan Herpes yang ia alami sebelumnya sudah sembuh. Hanya saja, nyeri sisa di bagian tubuh yang bekas Herpes perlu mendapat tatalaksana lebih lanjut, misalnya melalui pemberian obat-obatan pereda nyeri dan anti radang. Bila perlu, dokter mungkin akan merujuk ayah Anda ke dokter spesialis syaraf.

    Di samping itu, ajak juga ayah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis dalam agar dilakukan kontrol lebih lanjut terkait hipertensi dan penurunan nafsu makannya. Guna mengontrol tekanan darahnya, dokter bisa juga meresepkan beberapa jenis obat. Selain itu, pemeriksaan menyeluruh juga akan dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab organik berkaitan dengan nafsu makannya yang menurun.

    Saat ini, ayah Anda bisa lakukan dulu langkah berikut:

    • Konsumsi dulu obat pereda nyeri, misalnya paracetamol, untuk mengurangi nyeri di dada
    • Mandi teratur, hindari menggosok berlebihan area bekas Herpes
    • Jaga daya tahan tubuh, yakni dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur --- daya tahan tubuh yang baik berperan penting dalam mengoptimalkan penyembuhan pasca Herpes
    • Variasikan menu makanan sehari-hari
    • Hindari stres
    • Lakukan diet DASH (dietary approaches to stop hypertension) untuk mengontrol hipertensi
    • Bila perlu, konsumsi suplemen yang mengandung ekstrak temulawak untuk meningkatkan nafsu makan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah