Tanya Dokter

  • Obat untuk penderita GERD yang juga menderita sinusitis

  •  Feri Efendi
    Anggota

    Saya penderita penyakit GERD dan sinusitis sudah selama 5 tahun, entah sudah berapa banyak gonta ganti dokter untuk berobat, akupuntur pun sudah di jalani lebih dri 3 tahun tp blm ada efek yg maksimal, yg sangat mengganggu itu skrg saya jd sering sekali sakit tenggorokan dan berdahak, nah, menurut dokter bagusnya di kasih obat apa? Saya cocok pakai methilprednisolone 8 mg tp kata dokter methil itu terlalu keras untuk maag saya, lalu di resepkan nutriflam, tp tdk begitu efek, apakah ada obat lain nya yg bagus menurut alodokter? Trms dok saya harap di balas

    Halo Feri, Terima kasih atas pertanyaannya.

    Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis penyaki dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan Anda saat ini? Sakit tenggorokan dan batuk dapat disebabkan oleh radang tenggorokan, radang amandel, atau penyakit asam lambung yang Anda miliki. Penyakit asam lambung / gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi mengalirnya asam lambung kembali ke kerongkongan akibat melemahnya oto bagian bawah kerongkongan yang bertugas menahan makanan dan minuman yang sudah masuk ke dalam lambung. Asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan dapat menyebabkan keluhan sakit tenggorokan dan batuk. Sebelum memulai pengobatan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu untuk memastikan penyebab dari sakit tenggorokan ini. Tanpa pemeriksaan dokter, tidak mungkin menentukan penyebab dari keluhan Anda. JIka sudah dipastikan penyebabnya dokter akan memberikan penanganan yang tepat bagi Anda.

    Methylprednisolone adalah obat golongan steroid yang bertugas meredakan peradangan. Namun, obat ini memiliki efek samping terhadao lambung sehingga jika Anda memiliki penyakit asam lambung Anda pelru berhati-hati dalam penggunaannya; sebaiknya Anda menggunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter. Jika keluhan ini lebih disebabkan oleh penyakit asam lambung Anda, maka dokter akan memberikan obat-obatan yang betujuan menetralkan atau mengatur asam lambung.

    Penyakit asam lambung memang tidak mudah ditangani, diperlukan kombinasi obat-obatan dan modifikasi gaya hidup. Dokter spesialis penyakit dalam akan menyesuaikan dosis obat atau menggunakan kombinasi beberapa obat hingga keluhan Anda dapat tertangani. Anda juga perlu melakukan anjuran berikut ini:

    • hindari konsumsi makanan pedas, asam, dan berminyak
    • hindari konsumsi minuman berkafein, bersoda, dan beralkohol
    • hindari berbaring setelah makan
    • makan malam setidaknya 4 jam sebelum tidur malam
    • cobalah tidur dengan posisi bantal yang agak tinggi
    • hindari penggunaan pakaian ketat di daerah perut
    • kurangi berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebihan

    Semoga informasi ini berguna

    Dr. Aloisia