Tanya Dokter

  • Tanda dan gejala skizofrenia

  •  Wisnu Pratama
    Anggota

    Assalamualaikum dok, ayah saya mempunyai adik kandung yang cacat mental, dan akhir akhir kni saya merasakan waham dan delusi yanh menyimpang, apakah saya termasuk skizofrenia? Terima kasih

    Waalaikumsalam Wisnu,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis (jangka panjang) dimana penderitanya mengalami delusi, halusinasi, perubahan prilaku, waham, sulit membedakan mana yang menjadi kenyataan, mana yang tidak. Apabila Kamu merasakan memiliki gejala tersebut, tidak ada salahnya Kamu memeriksakan diri ke Dokter ya. Kamu bisa ke Dokter Umum terlebih dahulu, agar Dokter dapat melakukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, dan bila dirasakan perlu, Dokter akan merujuk Kamu ke psikiater. 

    Penyebab pasti dari skizofrenia sampai saat ini belum diketahui, skizofrenia dikaitkan dengan penyebab psikis, genetis, fisik. Terkadang juga dibutuhkan pemeriksaan CT scan atau MRI kepala untuk menelusuri apakah terdapat gangguan.

    Tetaplah melakukan aktivitas seperti biasa, kelola stres psikis, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, bila perlu lakukan konseking secara teratur.

    Demikian semoga dapat membantu,

    dr. Annes