Tanya Dokter

  • pengobatan untuk penyakit kanker

  •  anjuikhsan
    Anggota

    maaf.. dok,, sya memiliki beberapa problem dikampung sya..

    di kampung sya pada tahun 2000,, terkena zat radioaktif berupa merkuri yang meracuni sungai setempat.. banyak warga yang mengambil air untuk keperluan sehari2.. dan ternyata sejak 2000 -2018 saat ini banyak warga yang terkena mutasi contoh kanker kulit, pernapasan dll.. para penderita penyakit meningkat terutama pada anak2.. jadi dok ini penyakit terkena dan terbwa oleh gen x Linked atau Autosomal ya?.. trus pencegahan atau penghilangan ny g mna?

    #Thanks a Lot

    Halo anjuikhsan,

    terjadinya penyakit kanker adalah proses yang cukup kompleks karena 90% jenis kanker penyebabnya multifaktorial (keterlibatan lebih dari 1 faktor). Meskipun pada kanker kerusakan sel terjadi pada level genetik, namun tidak berarti bahwa kelainan genetik tersebut diturunkan di dalam keluarga. Faktor-faktor lain seperti lingkungan (paparan zat kimia, radiasi), hormonal, kandungan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, dan infeksi juga dapat mencetuskan perubahan (mutasi) pada gen sehingga sel-sel yang mengalami perubahan genetik bertumbuh dan berkembang secara tidak terkontrol dan tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya hingga merusak sel-sel normal di sekitarnya dan menyebar ke organ-organ lain (metastasis). 

    Zat merkuri memang benar merupakan zat yang cukup berbahaya bagi tubuh, apalagi jika tubuh terpapar dengan zat tersebut dalam waktu yang lama. Namun demikian, untuk mengatakan bahwa zat merkuri adalah penyebab pasti dari peningkatan kasus kanker di daerah anda, pertama-tama harus dilakukan penelitian ilmiah yang dapat membuktikan adanya korelasi langsung antara kedua kejadian. 

    Mengenai lokasi mutasi genetik kanker berbeda-beda untuk masing-masing jenis kanker dan bisa saja terjadi pada lebih dari satu kromosom. Kanker yang disebut X-linked apabila lokasi mutasinya terdapat pada kromosom ke-23 (kromosom X yang salah satunya menentukan karakteristik jenis kelamin), sedangkan autosomal bila berlokasi selain dari kromosom X. Keduanya bisa diturunkan dari ayah atau ibu ke anaknya, tetapi anak yang mendapatkan mutasi tersebut tidak selalu akan mengalami kanker, karena kembali lagi pada faktor-faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya. Diperlukan proses pemeriksaan khusus di laboratorium yang memiliki fasilitas pemeriksaan genetik untuk menentukan lokasi mutasi genetik suatu jenis kanker dengan mengambil sampel dari penderita kanker.

    Penanganan untuk kanker juga kembali lagi pada masing-masing jenis kankernya, dengan mempertimbangkan stadium kanker, karakteristik pasien, dsb. Pengobatan untuk kanker contohnya kemoterapi (obat-obatan untuk menghambat/membunuh sel kanker), tindakan pembedahan, dan terapi radiasi. 

    Beberapa cara untuk menurunkan resiko menderita kanker adalah pertama-tama harus menghindari segala faktor-faktor yang diketahui/dicurigai memiliki efek negatif bagi tubuh, dalam kasus anda yaitu menghentikan paparan merkuri di masyarakat. Hal ini tentunya membutuhkan kerjasama dari pemerintah dan pihak-pihak terkait yang bertanggung jawab terhadap lingkungan untuk menanggulangi masalah pencemaran air sungai. Selain itu, pastikan untuk melakukan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah yang merupakan sumber antioksidan (penangkal radikal bebas), olah raga teratur, hindari merokok dan konsumsi alkohol, gunakan tabir surya untuk menangkal radiasi sinar ultraviolet matahari, dan deteksi dini.

    Untuk menambah informasi terkait topik ini anda dapat membaca artikel terkait: kanker

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira