Tanya Dokter

  • Hubungan konsumsi nasi yang dipanaskan 2 kali dengan penyebab diabetes

  • Saat ini sebagian masyarakat meyakini bahwa nasi yg sudah dipanaskan kembali berpotensi menyebabkan munculnya penyakit gula bagi orang biasa menkomsusinya,apakah ini benar dokter??

    Halo Muhammad Salman, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penyakit gula atau yang disebut dengan diabetes ada 2 jenisnya, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 dapat terjadi karena adanya sistem imunitas tubuh yang merusak sel-sel di pankreas yang menghasilkan insulin. Ketiadaan insulin ini menyebabkan glukosa darah tidak bisa masuk dan digunakan oleh sel-sel tubuh sehingga kadarnya meningkat di dalam darah. Diabetes tipe 2 dapat terjadi karena penurunan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Insulin tersedia dalam jumlah cukup bahkan berlebih, namun insulin ini tidak dapat dipakai oleh sel-sel tubuh untuk memasukkan glukosa sehingga kadar glukosa tersebut akan meningkat di dalam darah.

    Terjadinya diabetes tipe 1 dapat disebabkan oleh kerentanan genetik, penyakit autoimun tertentu, serta infeksi virus tertentu. Sementara itu terjadinya diabetes tipe 2 dapat dipengaruhi oleh genetik dan faktor-faktor lain seperti berat badan berlebih, kurangnya aktivitas fisik, darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes gestasional (diabetes yang terjadi saat hamil), PCOS (polycystic ovary syndrome) pada wanita.

    Konsumsi nasi yang dipanaskan 2 kali sendiri bukan merupakan faktor risiko yang secara langsung dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Namun demikian, penelitian memang menunjukkan bahwa konsumsi nasi putih (baik yang baru dimasak, ataupun dipanaskan beberapa kali) dapat meningkatkan risiko seseorang menderita diabetes. Hal ini diperkirakan dapat terjadi karena nasi putih mengandung indeks glisemik yang tinggi sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan mengandung serat yang rendah (serat bersifat protektif terhadap diabetes). Hal ini juga berlaku untuk makanan yang mengandung karbohidrat sederhana lainnya seperti roti putih ataupun kentang.

    Sebagai ganti nasi putih, konsumsi nasi coklat atau nasi merah serta roti gandum utuh lebih direkomendasikan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia