Tanya Dokter

  • Apakah penderita gonore dan sifilis sudah pasti terkena HIV juga?

  • Dok saya mau tanya kenapa gonore dan sfilis menular dgn gampang mlalui penis di oral sama cwe?saya bc kterangan di internet berbeda2.gonore/sfilis virus apa bakteri dok?kalau terkena gonore/sfilis brarti hiv jg kena ya dok.sya sudah 1 mingu ga bisa tidur mkirin ini.dan sya takut untuk check hiv. saya cum 1x aja di oral sma wanita yg tak sya tau latar blakangnya sya terkena gonore.gonore apakah sya tertular hiv jg dok? Tlng penjelasanya dok biar saya bisa semangat lg sprti sblmnya.

    Halo, nanoabiroy@yahoo.com, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Infeksi gonorrhea, sifilis, dan HIV/AIDS termasuk dalam kategori infeksi menular seksual. Gonorrhea dan sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri, sementara HIV/AIDS adalah infeksi oleh virus. Secara umum, infeksi menular seksual adalah segala bentuk infeksi (baik oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, baik itu secara vaginal (penis dengan vagina), oral, maupun anal (dari anus). Jenis infeksi menular seksual secara lengkapnya bisa dilihat di tautan mengenai infeksi menular seksual.

                Beberapa tanda dan gejala infeksi menular seksual adalah:

    1.     Keluar cairan dari alat kelamin yang tidak seperti biasanya (kekuningan/nanah, darah)

    2.     Alat kelamin terasa gatal, panas, nyeri

    3.     Nyeri saat berkemih

    4.     Ada seperti luka pada alat kelamin

    5.     Ada benjolan pada alat kelamin

    6.     Ada pembesaran kelenjar getah bening dekat alat kelamin

    Untuk memastikan seseorang terkena infeksi atau tidak, harus dilakukan wawancara mendalam oleh dokter, pemeriksaan fisik secara lengkap, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan cairan kelamin, pemeriksaan darah lengkap, dan pemeriksaan kencing. Pengobatannya sangat tergantung oleh penyebabnya.

    Riwayat seksual pasangan seksual merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui sebelum melakukan hubungan seksual, karena penyakit menular seksual dapat dengan mudah menyebar melalui hubungan seksual, terlebih jika tidak menggunakan pengaman seperti kondom. Saran saya, jika Anda mengalami tanda dan gejala infeksi menular seksual seperti yang saya sebutkan di atas, segera periksakan ke dokter. Lalu, untuk mencegah infeksi menular seksual, sebaiknya mulai untuk melakukan seks yang aman, yaitu:

    1.     Menggunakan pengaman seperti kondom

    2.     Tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui dengan pasti riwayat seksualnya

    3.     Tidak bergonta ganti pasangan

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat ya, nanoabiroy@yahoo.com.

     

    Salam,

    dr. Sarah Rizqia