Tanya Dokter

  • Perbedaan antara psikiater dan psikolog

  • Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Apa perbedaan antara psikiater dan psikolog menurut dokter, dan yang mana yg mempunyai peluang kerja yang lebih tinggi?

    Mohon maaf sebelumnya. Apa hubungannya sama kesehatan mbak? Ini fasilitas buat tanya jawab kesehatan bukan fasilitas pencari kerja

    Hallo Gita , Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    Psikolog dan psikiater sama sama bertugas untuk membantu orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.Psikiater merupakan spesialisasi ilmu kedokteran, jadi orang yang menjadi psikiater harus menempiuh sekolah kedokteran terlebih dahulu, setelah menjadi dokter umum sekolah kembali mengambil jurusan psikiatri. Tugas psikiater adalah untuk mengetahui diagnosis dan perawatan yang bisa dilakukan tiap kondisi psikologis tiap pasien yang cendrung rumit, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia, bertanggung jawab untuk mendiagnosis gangguan mental seorang pasien dan menentukan pengobatan  yang akan di lakukan, psikiater bisa memberikan resep obat obatan , terapi stimulasi otak, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan laboratorium sesuai permintaan dokter, dan setelah lulus sekolah residen atau spesialisasi dokter, psikiater akan bergelar dokter dan spesialis jiwa.

    Psikolog tidak masuk sekolah kedokteran, namun sekolah ilmu psikologi , untuk menjadi psikolog seseorang harus sekolah Sarjana ilmu psikologi terlebih dahulu. Tugas psikolog hampir sama dengan psikiater yaitu menangani kasus kasus kejiwaan , mendiagnosis gejala psikologis pasien, melakukan psikoterapi, melakukan test IQ, tes kepribadian, minat bakat.

    Psikolog dan psikiater bekerjasama dalam dalam memberikan terapi terbaik, dan semua pekerjaan memiliki peluang yang sama besar tergantung minat dan performance tiap individu masing masing , semua pekerjaan baik.

    Terimakasih, semoga bermanfaat. dr.Nurmarwiyah