Tanya Dokter

  • Perjalanan penyakit atau proses penyakit tumor otak ?

  •  Dwie II
    Anggota

    malam dok ? 

    mau bertanya bagaimana perjalanan atau proses penyakit tumor otak ?

    Halo Dwie, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Sebelumnya saya hendak mengkonfirmasi terlebih dahulu, apakah yang anda maksud dengan proses penyakit tumor otak adalah bagaimana proses terbentuknya tumor di otak? Bila yang anda maksudkan berbeda, anda dapat bertanya kembali dengan memperjelas maksud pertanyaan anda tersebut.

     

    Tumor adalah pertumbuhan abnormal dan tidak terkendali dari sel-sel di tubuh manusia. Tumor otak bisa merupakan tumor primer (pertumbuhan sel-sel abnormal tersebut berasal dari sel-sel di otak) ataupun tumor metastasis (sel-sel abnormal berasal dari organ lainnya yang menyebar ke otak). Tumor otak primer ada yang bersifat jinak dan ada juga yang bersifat ganas. Tumor otak ada berbagai macam jenisnya tergantung dari sel otak jenis apa yang mengalami pertumbuhan abnormal. Beberapa tipe tumor otak primer misalnya schwannoma, astrocytoma, chordoma, glioma, medulloblastoma, dan masih banyak lagi jenis tumor otak lainnya.

    Perubahan dan pertumbuhan abnormal pada sel-sel otak dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari tubuh manusia sendiri, yaitu genetik tumor. Normalnya dalam tubuh manusia terdapat 3 jenis gen yang terkait dengan pertumbuhan dan pencegahan kanker:

    1. Proto-oncogen atau gen yang merangsang pertumbuhan sel dan mencegah apoptosis (kematian sel terprogram)
    2. Gen supresor tumor, yaitu gen yang menekan pertumbuhan sel dan menginduksi apoptosis
    3. Gen perbaikan DNA, yaitu berfungsi memperbaiki kerusakan gen-gen lainnya

    Normalnya gen-gen ini akan bekerja dalam sinergi dan keseimbangan sehingga sel-sel dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan, dan mati saat sudah waktunya sel-sel ini mati atau sudah tidak dibutuhkan lagi. Mutasi pada salah satu atau semua gen-gen ini dapat memicu munculnya tumor.

    Faktor eksternal merupakan faktor di luar tubuh manusia yang memicu terjadinya mutasi genetik di dalam sel-sel tubuh. Faktor eksternal ini dikenal juga dengan karsinogen atau zat yang dapat memicu kanker. Beberapa contoh karsinogen antara lain rokok, radiasi (misalnya sinar Xray, sinar ultraviolet), zat kimia (beberapa contohnya adalah asetaldehid, benzena, asbestos, arsenik), mikroorganisme (misalnya HPV, virus hepatitis, HIV), obat-obatan tertentu, dll. Paparan terhadap karsinogen yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan perubahan genetik pada sel-sel di dalam tubuh dan memicu terbentuknya tumor ataupun kanker, termasuk juga kanker otak.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia