Tanya Dokter

  • Bayi usia 10 bulan belum bisa berbicara jelas

  •  Yun C'uyung
    Anggota

    Ass. Dok saya mau bertanya. Saya mmpunyai anak laki2 usia 10. Tp bb.y cma 7.8 . . Bebicara.y juga baru bisa menyebut kata Mamah.. Sama mam . . Apakah normal atw tidak dok.?? Terimakasih.

    Halo Yun, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bayi laki-laki berusia 10 bulan normalnya memiliki berat badan antara 8.2-10.3 kg. Berat badan 7.8 kg dalam kurva pertumbuhan berada di antara garis kuning dan garis merah bawah. Meskipun demikian untuk menilai apakah memang anak anda memiliki gangguan pertumbuhan, diperlukan keterangan lebih lengkap mengenai pertambahan berat badannya dari sejak lahir. Bila memang anak anda dilahirkan dengan berat yang rendah, namun pertambahan beratnya setiap kali kontrol naik dengan baik (kurva tampak naik dan tidak mendatar atau menurun), maka dapat dikatakan pertumbuhan anak anda adalah normal-normal saja. Untuk menilai status nutrisi anak anda, diperlukan juga perbandingan berat dan panjang badannya. Bila memang anak anda memiliki panjang badan yang tidak terlalu besar (anak tergolong pendek), berat badannya juga tidak akan seberat anak yang tergolong tinggi.

    Untuk mengetahui normal atau tidaknya berat badan anak anda, sebaiknya anda mendiskusikan kembali dengan dokter anaknya. Dokter anak anda dapat menganalisis berat badan dan status gizi anak anda berdasarkan penampakan klinis dan kurva pertumbuhan anak anda.

    Pada usia 10 bulan, pada umumnya bayi sudah dapat mengerti dan melakukan beberapa gestur tubuh, seperti menggeleng ataupun melambaikan tangan. Pada usia ini bayi belum benar-benar dapat menyebutkan kata dengan jelas, hanya dapat menggumamkan ulangan kata seperti mama, papa, baba, ataupun dada. Bila saat ini anak anda sudah dapat menyebut mama atau mam, maka hal tersebut adalah normal untuk usianya.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia