Tanya Dokter

  • penularan infeksi HPV melalui hubungan intim

  •  Aditya05
    Anggota

    Hallo Dok,

    Ingin bertanya, bahwa pasangan saya pernah pengalami genital warts dan sudah sembuh, apakah sudah aman jika berhubungan tanpa alat kontrasepsi? atau masih tetap beresiko ?

    Trims

    Hallo Aditya

    Kutil kelamin disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV), dan meskipun kutil tersebut telah hilang (seolah sembuh) infeksi dari HPV ini tidak benar-benar hilang. Jadi seseorang yang pernah terkena infeksi HPV ini suatu saat akan bisa mengalami kekambuhan terutama jika daya tahan tubuh menurun.

    Maka itu risiko terjadinya penularan infeksi HPV kepada pasangan bisa saja terjadi apabila melakukan hubungan intim tanpa kondom. Pasangan Anda bisa meminimalisir tertular infeksi HPV dengan melakukan vaksinasi HPV.

    Oh iya meskipun kutil kelamin ini termasuk penyakit menular seksual namun proses penularannya adalah melalui kontak kulit. Jadi kontak jaringan yang pernah terkena kutil dengan kulit pasangan Anda lah yang menjadi risiko terjadinya menularan berbeda dengan penularan HIV atau hepatitis yang media penularannya adalah cairan tubuh seperti sperma, cairan vagina, cairan dubur, dan darah. Itulah sebabnya penggunaan kondom pun bisa saja tidak dapat mencegah 100% proses penularan kutil kelamin dan infeksi HPV terutama apabila lokasi yang terkena kutil kelamin tidak terlindungi oleh kondom.

    Demikian informasi yang dapat disampaikan

    dr. Arnold