Tanya Dokter

  • Mabuk dan bertingkah aneh setelah minum kopi

  •  Kiriya Ardian
    Anggota

    Halo dok

     

    Jadi tadi malam saya ngopi,kopi hitam sebanyak 4 cangkir.Dan habis itu saya mulai bertingkah aneh tanpa sadar,seperti bergerak menari dll seperti mabuk.Efeknya hilang setelah saya ditenangkan dan diberi air putih.

     

    Itu kira-kira saya kenapa dok?

    Kiriya Ardian  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kopi merupakan suatu minuman yang mengandung kafein. kopi sebenarnya merupakan suatu minuman yang baik untuk kesehatan, baik untuk kesehatan jantung. Anjuran minum kopi dalam sehari dianjurkan sebanyak 1-2 cangkir kopi hitam dalam sehari.

    dari keadaan yang anda alami, jika anda mengalami efek mabuk mungkin hal tersebut tidak disebabkan karena pengaruh kopi. Mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak pada umumnya tidak menyebabkan seseorang menjadi mabuk. Mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak dapat menyebabkan gejala seperti berdebar debar, sakit kepala, tangan gemetaran, sulit tidur, hingga nyeri pada perut. 

    Mabuk yang anda alami mungkin disebabkan karena pengaruh hal lain seperti:

    • pengaruh obat tertentu
    • alkohol
    • gangguan psikis
    • demam rematik

    oleh karena itu, jika keadaan yang anda anda alami terus menerus terjadi, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah dan urine jika memang diperlukan.

    hindari konsumsi kopi yang terlalu banyak. minum cukup air putih. jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai kopi

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr.danny