Tanya Dokter

  • Olahraga yang tepat untuk atasi perut buncit

  •  Faza Prima
    Anggota
    Dok,saya pria, sya sudh setiap hari olahraga dan menjaga makanan saya serta minun air putih cukup, lalu kenapa perut dan dada saya masih berlemak dan buncit.....kira2 olagraga apa yang harus saya lakukan dan faktor3 apa yang harus saya lakukan ???? Thanks

    Halo Faza Prima, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Sebelum merencanakan untuk menghilangkan lemak perut, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah berat badan anda sudah ideal untuk tinggi badan anda. Untuk mengetahui ini, anda dapat melakukan penghitungan indeks massa tubuh dengan rumus berikut ini:

    berat badan (kg) / tinggi badan dalam meter dikuadratkan (m^2)

     

    Berikut ini adalah interpretasi hasil IMT (untuk populasi Asia) yang anda dapatkan:

    • IMT lebih dari 25 : obesitas
    • IMT dalam rentang 23-24.9 : berat badan lebih
    • IMT dalam rentang 18.5-22.9 : normal
    • IMT kurang dari 18.5 : berat badan kurang

     

    Bila anda memang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, sebaiknya anda merencanakan untuk melakukan program penurunan berat badan secara keseluruhan. Bila anda memiliki berat badan ideal namun anda memiliki penumpukan lemak di area perut, mungkin anda memiliki kondisi yang disebut dengan obesitas sentral. Hal ini ditandai dengan lingkar perut lebih dari 100 cm untuk pria dan lebih dari 90 cm untuk wanita. Beberapa hal yang dapat menyebabkan obesitas sentral:

    1. berat badan berlebih dan obesitas
    2. konsumsi makanan tinggi kalori
    3. penyakit tertentu seperti hiperkortisol atau sindrom Cushing
    4. konsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid
    5. konsumsi alkohol berlebih

     

    Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    1. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis termasuk minuman bersoda
    2. Kurangi konsumsi makanan berlemak termasuk daging-dagingan yang berlemak
    3. Ganti karbohidrat dalam makanan anda dengan karbohidrat yang lebih kompleks seperti oatmeal, beras merah atau beras coklat, roti gandum
    4. Tingkatkan konsumsi serat dari buah dan sayur
    5. Melakukan olahraga kardio atau olahraga aerobik setidaknya 60 menit setiap harinya
    6. Hindari merokok dan minum alkohol
    7. Tidur dan istirahat yang cukup

     

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca terkait Olahraga untuk mengecilkan perut

     

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia