Tanya Dokter

  • perut besar bagian atas disertai sulit BAB

  •  kristinakezia
    Anggota

    selamat pagi dokter... saya ingin bertanya kenapa perut atas saya terlihat membesar dari pada bawahnya. Dan ketika posisi duduk itu terlihat seperti perut buncit kemudian jika perut atas sama perut bawah dikerutkan atau dipencet gitu rasanya besar pada bagian perut tengah,dok.Sulit untuk BAB,jika ingin BAB harus mengedan dulu,dok Yang kedua,apakah itu tanda dari kehamilan?Terakhir saya haid tanggal 4 Juni dan memang sering tidak teratur --Mohon dijawab dan dijelaskan,dok--

    kristinakezia  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    perut yang membesar tidak selalu disebabkan karena terjadinya kehamilan. Kehamilan memang dapat menyebabkan perut membesar, namun perut yang membesar pada kehamilan biasanya sudah menunjukkan usia kehamilan sekitar diatas usia 20 minggu. Dari keadaan anda, jika anda haid terakhir tanggal 4 juni maka saat ini kemungkinan terjadinya kehamilan masih rendah. 

    Yang harus anda ingat ialah siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari. sehingga jika anda haid terakhir tanggal 4 juni, maka hingga saat ini haid anda masih dalam siklus normal. jika terjadi kehamilan maka anda akan mengalami gejala awal kehamilan seperti haid terlambat. Oleh karena itu anda dapat melakukan pemeriksaan test pack untuk memastikannya minggu depan jika belum kunjung haid.

    keadaan anda saat ini dimana perut membesar disertai dengan sulit BAB mungkin hal tersebut dapat disebabkan karena konstipasi. pada keadaan konstipasi maka konsistensi tinja akan megeras sehingga sulit untuk BAB. hal tersebut akan menyebabkan perut tampak membesar, terasa tidak nyaman di perut, hingga dapat disertai dengan rasa nyeri. 

    beberapa keadaan lain yang dapat menyebabkan keadaan anda seperti;

    • tifus
    • mioma uteri
    • kista ovarium
    • obesitas
    • gangguan fungsi ginjal

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan yang anda alami maka anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung, dengan demikian nanti dokter dapat memberikan terapi yang tepat untuk anda.

    disarankan agar anda konsumsi makanan cukup serat seperti sayuran dan buah. minum cukup air putih. jangan merokok, dan penting tidak konsumsi minuman dan makanan yang mengandung pengawet. olahraga teratur dapat membantu.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai tanda awal hamil

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny