Tanya Dokter

  • perut buncit setelah melahirkan

  •  azzahida
    Anggota
    Salam dok. Dok, saya sudah melahirkan anak yang kedua hampir 9 bulan yang lalu. Tapi knapa perut saya masih buncit seperti sedang hamil 5 bulan? Waktu saya melahirkan anak pertama tidak seperti ini dok. Bagaimana cara mengembalikan ukuran perut seperti semula? Mhon pnjlasnnya dok. Terimaksih.

    Mengembalikan tubuh menjadi ukuran sebelum kehamilan memang sering kali menjadi problem di kalangan ibu yang baru saja menjalani proses melahirkan. Selain dibutuhkan usaha dari mulai menjaga asupan kalori dan berolahraga, diperlukan kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

    Beberapa hal yang dapat membantu antara lain adalah :

    • Menyusui. Breastfeeding atau menyusui sangat efektif membakar kalori, termasuk pada bagian perut. Menurut penelituan, wanit ayang menyusui lebih secara signifikan kehilangan berat badan yang didapat selama kehamlan, terutama pada satu bulan pertama. Bila anak Anda masih mau menyusui, hal ini sangta baik bagi Anda dan sang anak. Menyusui dapat diteruskan hingga usai 2 tahun.
    • Keseimbangan kalori. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi sebaiknya dihindari, sedangkan perbanyak konsumsi  sayuran dan buah segar, protein (ikan, tempe, tahu, daging), lemak baik (alpukat, minyak zaitun dst.) pada setiap sesi makan. Bila per;u, berkonsultasilah pada ahli gizi untuk menghitung kebutuhan kalori setiap hari sesuai target penurunan berat badan, serta untuk membuat menu makanan..
    • Berolahraga! Pastikan Anda selalu aktif dan berolahraga teratur. Lakukan olahraga cardio (jogging, bersepeda, jalan cepat) serta core training (push up, planking, sit up dan berbagai gerakan lainnya) untuk mengecangkan otot terutama pada bagian perut, dan juga kulit.
    • Hindari stres. Terkadang stres menyebabkan stress/emotional eating yang menyebabkan Anda melampiaskan stres dengan makan dengan jumlah banyak, terutama cemilan.  Stres juga dapat mengganggu regulasi tubuh sehingga menyebabkan berat badan sulit untuk turun.
    • Cukup tidur. Tidur adalah komponen yang penting untuk mempertahankan berat bada dengan memastikan dilepaskan nya hormon-hormon dalama irama yang normal. Memiliki bayi memang sering kali menjadi tantangan dan menyebabkan seorang ibu kelelahan dan tidak mendapat cukup beristirahat, bekerjasamalah dengan suami untuk saling membantu dan mencuri waktu beristirahat di sela-sela hari.

    Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut sehabis kehamilan. Semoga bermanfaat!

    Dr. Siti Rahmayanti