Tanya Dokter

  • Perut kembung kadang sesekali disertai hentakan di dada/hentakan denyut jantung

  • Selamat pagi dok perkenalkan nama saya diki usia 33 thn. Saya mempunyai keluhan yg saya rasakan sudah lama pertama sy rasakan pada tahun 2013. Sesekali suka ada hentakan di dada serasa seperti hentakan di jantung..keluhan ini hilang timbul...kadang timbul kadang gak pernah timbul sama sekali. Biasanya kambuhnya berbarengan dengan perut kembung. Pernah konsultasi ke dokter katanya asam lambung. Karena belum sembuh sembuh itu yg kadang bikin saya cemas. Sy sudah mulai olah raga rutin tiap pagi seperti jalan pagi dan joging. Pernah juga pas olahraga hentakan dada tersebut sesekali kambuh disertai perut agak kembung. Mohon pencerahannya dok ! Terimakasih sebelumnya. Salam - diki rusdianto 33 thn

    Halo,

     

    Hentakan dada yang Anda maksud seperti apa? Apa terasa seperti jantung berdebar kencang ?

    Kami sulit memahami keluhan Anda dengan baik, namun kami akan berusaha memberikan informasi mengenai keluhan Anda.

    Rasa berdebar bisa timbul akibat dari =

    1. Psikis.
    2. Stress, Kecemasan dan serangan panik.
    3. Efek samping obat.
    4. Gangguan irama jantung (aritmia).
    5. Olahraga cardio.
    6. Gangguan tiroid.
    7. Kafein (kopi, teh, coklat).
    8. Perubahan hormon.
    9. Alkohol.

    Rasa kembung yang timbul bersamaan dengan keluhan hentakan tersebut bisa juga merupakan sebuah gejala dari gangguan saluran cerna, Dispepsia, Gerd, hernia hiatus.

    Sangat ideal bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa diperiksa dengan seksama oleh dokter, tes medis seperti tes darah, EKG, USG, atau pemeriksaan lain bisa dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kondisi Anda. Dengan begitu dokter dapat mengetahui penyebab keluhan dan memberikan pengobatan yang sesuai.

    Lakukan olahraga teratur,minum banyak air putih, kelola stress dan hindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan keluhan berdebar. Lakukan relaksasi atau meditasi. Jika gejala tidak membaik maka segeralah periksakan diri ke dokter.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi